Pihak yang Teledor Melepas Buaya bisa Kena Sanksi

Siti Yona Hukmana 28 Juni 2018 17:50 WIB
buaya
Pihak yang Teledor Melepas Buaya bisa Kena Sanksi
Ilustrasi buaya di perairan - ANT/Mohamad Hamzah.
Jakarta: Direktur Eksekutif Lembaga Pengembangan Hukum Lingkungan Indonesia Henri Subagiyo menduga buaya yang terlepas di Kali Grogol, Jakarta Barat milik warga. Siapa pun yang teledor melepas, kata dia, bisa kena sanksi. 

"Ini kemungkinan buaya yang lepas dari penangkaran. Bisa juga peliharaan warga yang lepas," kata Henri kepada Medcom.id, Kamis, 28 Juni 2018.

Untuk memastikan itu, kata Henri, pemerintah harus ikut serta menangani kejadian ini. Supaya, bisa didalami dan cepat diketahui asal buaya-buaya itu.


Jika diketahui milik warga atau lembaga penangkaran, lanjutnya, bisa langsung diklarifikasi. Klarifikasi untuk mencari tahu spesies buaya tersebut. 

Henri menuturkan, berdasarkan undang-undang spesies buaya dilindungi tak boleh dipelihara. 
Buaya dilindungi hanya boleh dipelihara oleh lembaga penelitian yang sudah memiliki izin. 

(Baca juga: Anies Duga Tiga Buaya di Kali Grogol Milik Warga)

Meski begitu, jika ada keteledoran yang mengakibatkan lepas bisa dikenai sanksi. "Sanksi administrasi mencakup izin penangkarannya atau sampai ke sanksi yang lain," beber dia. 

Dia menyebut, pelarangan memelihara hewan dilindungi terdapat dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 Tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.

Pada Pasal 21 poin (a) menyebutkan bahwa, orang dilarang untuk menangkap, melukai, membunuh, menyimpan, memiliki, memelihara, mengangkut, dan memperniagakan satwa yang dilindungi dalam keadaan hidup.

"Jika ada izin untuk penelitian diperbolehkan," ujar Henri.

Sementara pada Pasal 24 mengatakan: 
(1) Apabila terjadi pelanggaran terhadap larangan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 21, tumbuhan dan satwa tersebut dirampas untuk negara. 
(2) Jenis tumbuhan dan satwa yang dilindungi atau bagian-bagiannya yang dirampas untuk negara dikembalikan ke habitatnya. 

Bila seseorang melanggar, bisa dipenjara minimal lima tahun penjara denda paling banyak Rp100 juta.





(REN)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id