Ilustrasi kaum milenial. Foto: Antara/Rosa Panggabean
Ilustrasi kaum milenial. Foto: Antara/Rosa Panggabean

Kaum Milenial Diberi Peluang Pecahkan Masalah Sosial

Nasional sosial kemasyarakatan
19 September 2018 12:49
Jakarta: Mahir Bayasut, aktivis dan pegiat sosial, secara aklamasi terpilih menjadi Ketua Forum CSR Provinsi DKI Jakarta Periode 2018-2023. Ia melanjutkan tongkat estafet yang sebelumnya dikomandoi Sarman Simanjorang.
 
Meski belum dilantik, Mahir langsung merancang program untuk kesejahteraan sosial lewat para pelaku usaha khususnya kaum milenial. Pria lulusan dengan gelar Master Corporate Social Responsibility di Universitas Trisakti Jakarta ini bakal mulai melakukan pendataan.
 
“Program prioritas kami yakni masalah kesejahteraan sosial di DKI Jakarta. Kami segera listing agar tahu permasalahan dari A sampai Z. Dari sana kami akan sosialisasikan ke dunia usaha," kata dia melalui keterangan tertulis, Rabu, 19 September 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada dasarnya, kata dia, peran dari Forum CSR adalah memberi solusi dari dunia usaha untuk menyelesaikan masalah dunia sosial.
 
Mahir yang juga perwakilan delegasi timnas Indonesia di Piala Dunia Anak Jalanan sejak 2014 meyakini peran kaum milenial akan mampu memecahkan permasalahan sosial.
 
“Kaum milenial ini sebenarnya peduli. Mereka suka mengenai dunia sosial yang tujuannya membantu masyarakat. Kaum millenial memiliki energi positif berlebih."
 
"Nah, tinggal sekarang Forum CSR memfasilitasi dan membuka lebar kesempatan kaum milenial menjalankan program usaha. Misalkan kepedulian sosial, kesehatan, infrastruktur, dan lain-lain,” tuturnya.
 
Mahir berencana mengundang seluruh partisipan milenial untuk duduk bersama para stakeholder dengan tajuk 'Academy, Business, dan Government (ABG)'.
 
Mahir juga akan menerapkan sistem Key Performance Indicators (KPI) untuk memastikan program tetap on the track. Hal ini sejalan dengan visi-misi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yakni menyeratakan kesejahteraan masyarakat Ibu Kota.
 
“Nantinya kami bersama-sama membuat road map yang sesuai dengan target pemerintah. Program ini tidak semata-mata berjalan, tetapi juga memiliki KPI sebagai parameter keberhasilan Forum CSR,” ujarnya.
 
Melanjuti kepengurusan lima tahun terakhir, Mahir ingin menambah efektivitas kinerja dan melibatkan corporate jauh lebih banyak. Agar, bukan hanya pemerintah yang mendominasi, tapi para pelaku usaha.
 
Kepala Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial DKI Jakarta Susy Dwi Harini berharap kepengurusan baru ini bisa meningkat sinergisitas.
 
“Agar forum ini lebih dinamis dan visioner mengikuti perkembangan zaman,” tutur Susy.
 

(UWA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif