Proses pembangunan Masjid Raya Jakarta. Foto: MTVN/LB Ciputri Hutabarat.
Proses pembangunan Masjid Raya Jakarta. Foto: MTVN/LB Ciputri Hutabarat.

Pembangunan Masjid Raya Jakarta Rampung

Nasional masjid raya jakarta
04 April 2017 12:50
medcom.id,Jakarta: Pembangunan Masjid Raya Jakarta, rampung. Masjid yang ada di Jalan Daan Mogot, Cengkareng, Jakarta Barat, itu dijadwalkan diresmikan Presiden Joko Widodo pada 16 April 2017.
 
Pembangunan masjid digagas Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, pada 2014. Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta, Arifin, mengatakan, lantai 1 masjid diperuntukkan sebagai ruang pertemuan. Lantai 2 untuk salat.
 
"Bangunan masjid berornamen Betawi. Ini implementasi dari Pergub Nomor 11 Tahun 2017 tentang Ikon Budaya Betawi," kata Arifin dikutip situs resmi Pemprov DKI, Beritajakarta.com, Selasa 4 April 2017.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di bagian depan, berdiri lima warna putih serta kuning emas mendominasi menara, ditambah ornamen gigi balang yang mencirikan budaya Betawi. Dalam budaya Betawi, gigi balang berbentuk segitiga berjajar menyerupai gigi belalang yang melambangkan hidup harus selalu jujur, rajin, ulet, dan sabar.
 
Selain ornamen Betawi, masjid berkonsep ramah lingkungan. Hal itu terlihat di bagian dalam. Di dua bangunan di bagian sayap, jendela-jendela kaca diperbanyak. Dari luar, pintu-pintu dan ruangan di dalam bangunan dapat dilihat.
 
Bangunan utama lantai satu dibuat dengan sistem cross ventilation. Aliran angin dibuat bebas masuk sehingga tak ada rasa panas di siang hari.
 
Total dana pembangunan Masjid Raya Jakarta disebut mencapai Rp170 miliar. Dana sebesar itu diambil dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Pemprov DKI Jakarta.
 
Masjid dikerjakan sejak 2014 dengan melibatkan tiga kontraktor berbeda dan satu perencana yang sama, yakni PT Atelier 6 Arsitek. Pada 2014, PT Jaya Konstruksi (Jakon) mengerjakan tahap satu. PT Jakon membuat struktur bawah berupa fondasi sampai dengan pile cap fondasi dasar untuk pembangunan bagian atas.
 
Pembangunan tahap dua dikerjakan PT Totalindo pada 2015 sampai bagian atap. Lalu pembangunan tahap tiga pada 2016 dilakukan PT Daniko Adi Perkasa. Kontraktor itu mengerjakan ornamen, pemasangan instalasi listrik, serta air conditioner.
 
Seperti diketahui groundbreaking masjid tersebut dilakukan oleh mantan Gubernur DKI Jakarta, yang saat ini menjadi Presiden RI, Joko Widodo pada 29 September 2014. Masjid raya yang mampu menampung 16 ribu jemaah itu dipercantik dengan taman sekeliling area dan prasasti di gerbang. Secara menyeluruh, luas area masjid mencapai 17,6 hektare.
 

 

(FZN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif