Gubernur Anies Bahas Persiapan Idulfitri dengan Kapolri
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Anggota Forkompinda - Medcom.id/Nur Azizah.
Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Kapolri Jenderal Tito Karnavian membahas persiapan menghadapi hari raya Idulfitri. Ada empat poin yang dibahas, mulai dari ketersediaan pangan, mudik, bencana alam, hingga pengamanan.

Anies memastikan ketersediaan kebutuhan bahan pokok jelang Idulfitri aman. Banyaknya stok pangan membuat harga stabil.

"Stok yang ada di atas kebutuhan sehingga insyaallah tidak akan ada gangguan dari sisi harga karena suplainya berjalan dengan baik," kata Anies di Polda Metro Jaya, Jakarta Pusat, Selasa, 5 Juni 2018.


Untuk persiapan mudik, Anies menyebut telah mempersiapkan pengamanan melalui jalur darat, laut, dan udara. Hanya, persiapan pengamanan mudik ini belum matang dan masih tahap finalisasi. 

(Baca juga: Pemudik Disarankan Berangkat Mulai 10 Juni)

"Terkait antisipasi kesehatan, para operator dan pemudik harus terbebas dari pengaruh obat-obatan. Itu semua sudah diantisipasi bersama-sama," ungkap dia. 

Poin terakhir yang dibahas masalah keamanan. Ia menyampaikan pengawasan harus diperketat mulai dari level RT, RW, hingga kelurahan.

"Penguatan pengawasan di level wilayah terutama RT dan RW untuk memastikan bahwa kewajiban lapor 1x24 jam benar-benar ditaati. Ini akan diaktifkan lagi di forum komunikasi di jajaran paling dekat dengan masyarakat di sana ada komponen Babinsa," tukas dia.

Mantan Menteri Pendidikan RI ini berharap dengan antisipasi itu, hal-hal yang tidak patut dapat dicegah. Selain dengan Kapolri, pembahasan persiapan Lebaran juga melibatkan Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Aziz dan seluruh anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda). 

(Baca juga: Tiga Potensi Masalah Mudik di Tol Jakarta-Cikampek)





(REN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id