Petugas Satpol PP membentangkan spanduk larangan berjualan di jalur car free day di kawasan Thamrin, Jakarta. Foto: MI/Bary Fathahilah
Petugas Satpol PP membentangkan spanduk larangan berjualan di jalur car free day di kawasan Thamrin, Jakarta. Foto: MI/Bary Fathahilah

Aturan-aturan Baru di CFD

Nasional car free day
Sri Yanti Nainggolan • 21 November 2019 19:02
Jakarta: Dinas Perhubungan (DishuB) DKI Jakarta menerapkan beberapa perubahan di kawasan car free day (CFD) Jalan Jenderal Sudirman-MH Thamrin, Jakarta Pusat. Aturan ini sudah berlaku sejak Minggu, 3 November 2019.
 
Pertama, Dishub melarang penggunaan otopet listrik. Selain itu, warga juga tak boleh memakai sepeda listrik di kawasan tersebut.
 
Dishub juga memajukan waktu penutupan jalur CFD sebanyak setengah jam menjadi pukul 05.30 WIB. Hal ini ditujukan agar jalan sudah bersih dari kendaraan bermotor ketika waktu CFD pada pukul 06.00-09.00 WIB.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita mengantisipasi pada saat pukul 06.00 WIB mulai berlakunya HBKB (hari bebas kendaraan bermotor) itu sudah steril," kata Kepala Bidang Kendali Operasi Dinas Perhubungan Maruli Sijabat di Jakarta, Kamis, 21 November 2019.
 
Perubahan lainnya ialah pemisahan antara jalur sepeda dan jalur pejalan kaki. Jalur sepeda diposisikan merapat ke separator jalur Transjakarta di kedua arah jalan.
 
"Mulai dari Patung Arjuna sampai dengan Patung Pemuda Membangun itu kita kanalisasi untuk jalur sepeda," terang dia.
 
Perubahan terakhir yakni pembatasan area berdagang di zona hijau area HBKB, yaitu di Sarinah hingga Gedung BNI. Di zona ini, publik boleh berdagang tetapi tak di trotoar jalan.
 
"Kita sudah buat markah garis merah. Itu adalah batas akhir pedagang untuk boleh berjualan," jelas dia.
 

 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif