Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono. Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana.
Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono. Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana.

Polisi Mulai Operasi Memburu Pengemudi Bandel

Nasional lalu lintas
Siti Yona Hukmana • 29 April 2019 09:06
Jakarta: Polda Metro Jaya menggelar apel gelar pasukan Operasi Keselamatan Jaya 2019. Operasi ini dilakukan untuk mengedukasi masyarakat agar menciptakan situasi yang tertib.
 
Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono mengatakan dalam operasi ini, ada tujuh pelanggaran lalu lintas yang diprioritaskan. Pertama, pengguna jalan yang menggunakan telepon genggam saat mengemudi.
 
"Kedua tidak menggunakan seat belt, ketiga tidak menggunakan helm berstandar SNI, keempat melawan arus lalin (lalu lintas)," kata Gatot di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin, 29 April 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menambahkan prioritas kelima adalah pengemudi kendaraan di bawah pengaruh alkohol dan narkoba. Keenam, pengemudi kendaraan di bawah umur. Ketujuh, pengemudi yang melebihi batas kecepatan maksimal.
 
Menurut Gatot, operasi ini bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan masyatakat dalam berlalu lintas di jalan raya. Polisi ingin meminimalisasi pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas.
 
"Dengan demikian dapat menurunkan tingkat korban kecelakaan lalu lintas dan menambah kepercayaan Polri dengan terbentuknya opini positif dan citra tertib dalam berlalu lintas," ungkap Gatot.
 
Operasi Keselamatan Jaya 2019 diterapkan selama 14 hari, mulai hari ini hingga Senin, 13 Mei 2019. Gatot pun mengingatkan anggotanya untuk mewujudkan pelayanan polisi lalu lintas yang bersih dari korupsi, kolusi dan nepotisme.
 
Baca: Pegawai Kemenaker Arogan di Tol Pancoran Ditahan
 
"Masyarakat saya imbau untuk mematuhi peraturan yang ada. Jangan karena ada operasi ini masyarakat patuh dan setelah itu enggak patuh lagi. Ini menyangkut keamanan dan keselamatan berlalu lintas. Kalau enggak patuh korban kecelakaan lalin cukup tinggi, walaupun kalau lihat angka-angkanya sudah menurun," pungkas Gatot.
 
Apel operasi ini dihadiri oleh ratusan personel. Beberapa pejabat Ibu Kota juga hadir, seperti pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Sigit Wijatmoko, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono, serta aparat Tentara Nasional Indonesia (TNI).
 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif