Ondel-ondel yang biasa digunakan untuk mengamen diletakkan di tepi jalan kawasan Pasar Gaplok, Kramat Senen, Jakarta Pusat--MI/RAMDANI.
Ondel-ondel yang biasa digunakan untuk mengamen diletakkan di tepi jalan kawasan Pasar Gaplok, Kramat Senen, Jakarta Pusat--MI/RAMDANI.

Bamus Betawi Diajak Bahas Nasib Pengamen Ondel-ondel

Nasional ondel-ondel
Siti Yona Hukmana • 16 Desember 2018 03:02
Jakarta: Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) bakal berkoordinasi dengan Badan Musyawarah Masyarakat (Bamus) Betawi. Koordinasi untuk menindaklanjuti rencana Pemprov DKI Jakarta terkait penertiban pengamen Ondel-ondel.
 
"Ini menyangkut adat dan kebudayaan Betawi, kita akan kordinasi dulu dengan sesepuh dan pengurus Bamus Betawi bagaimana perkembangan kegiatan ondel-ondel di luar," kata Kepala Satpol PP Yani Wahyu kepada Medcom.id, Sabtu, 15 Desember 2018.
 
Selain koordinasi, kata Yani, sosialisasi dan imbauan juga harus diberikan kepada masyarakat Betawi. "Sehingga, penanganannya nanti tidak menimbulkan masalah baru," ujarnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hasil musyawarah dengan Bamus Betawi itu nantinya akan jadi masukan Pemprov DKI untuk menyikapi persoalan semrautnya pengamen ondel-ondel di Ibu Kota. Terpenting, untuk menjaga ketertiban umum.
 
(Baca: Pemprov Diminta Tak Asal Tertibkan Ondel-ondel)
 
"Tapi kalau nanti mengarah ketidaktertiban ya tentu ditertibkan, kita mengharapkan Jakarta tetap tertib ya," pungkas dia.
 
Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta berencana membenahi pengamen ondel-ondel. Sebab, penggunaan ikon Ibu Kota itu dinilai sudah tidak memperlihatkan nilai sejarah.
 

(JMS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi