Jalan Sudirman, Jakarta Pusat tampak lengang--Medcom.id/Ilham Pratama Putra
Jalan Sudirman, Jakarta Pusat tampak lengang--Medcom.id/Ilham Pratama Putra

Jakarta Lengang

Nasional lalu lintas jakarta lengang natal dan tahun baru
Ilham Pratama Putra • 24 Desember 2018 12:30
Jakarta: Satu hari menjelang Natal, jalanan Ibu Kota terpantau lengang. Tak ada kemacetan yang biasanya menghiasi jalanan Jakarta pada pagi hari tadi.
 
Pantauan Medcom.id, Senin, 24 Desember 2018, sepanjang Jalan Sudirman hingga Thamrin dan arah sebaliknya jalanan lancar. Durasi tempuh kendaraan di kawasan ini semakin singkat.
 
Seminggu sebelumnya, kendaraan yang melintasi rute ini bisa menghabiskan waktu 30 menit. Saat ini hanya dibutuhkan waktu 5-10 menit.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hal tersebut juga diakui oleh salah seorang pengemudi taksi, Awaludin. "Tadi pagi saya juga mengantar penumpang dari Senayan ke Hotel Mercure, Sabang, enggak sampai 10 menit," kata Awaludin.
 
Dia juga mengatakan lengangnya lalu lintas karena sebagian besar pegawai perkantoran di kawasan Sudirman-Thamrin sudah mulai libur. "Jalanan sepi karena sudah banyak yang libur. Ya, buktinya dulu saya bisa antar 12 penumpang pegawai kantor di sekitar sini. Hari ini belum ada," tutur Awaludin.

Suasana yang sama juga dirasakan di Jalan di Kawasan Kuningan, Jakarta Selatan. Di jalan yang menjadi biang macet ini volume kendaraan menurun drastis.
 
Raza Aprianto, salah seorang tukang ojek yang berpangkalan di Epicentrum, Kuningan, Jakarta Pusat, mengatakan sepinya kendaraan sudah dirasakan sejak Sabtu, 22 Desember 2018.
 
"Sudah sepi mas. Saya sama teman-teman ojek online juga jadi jarang narik," ujar Reza.

Kawasan Kuningan, Jakarta Pusat--Medcom.id/Ilham Pratama Putra.
 
Dia mengatakan saat ini penumpang bukan lagi pekerja yang berkantor di kawasan Kuningan. "Sudah jarang order kalau kawasan ini. Apalagi pegawai kantor. Paling pengunjung mal. Itu pun saat sore atau malem," kata Reza.
 
Sejak Jumat, 21 Desember 2018, Jasa Marga mencatat sebanyak 93.600 kendaraan telah meninggalkan Ibu Kota.
 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi