Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Isnawa Adji. Foto: MI/Atet Dwi Pramadia
Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Isnawa Adji. Foto: MI/Atet Dwi Pramadia

452 Ton Sampah di Kolong Tol Wiyoto Wiyono Diangkut

Nasional sampah jakarta
Nur Azizah • 22 Januari 2019 14:58
Jakarta: Sebanyak 452 ton sampah di kolong tol Wiyoto Wiyono, Jakarta Utara telah dibersihkan. Pembersihan dilakukan selama tujuh hari, mulai dari 14 hingga 20 Januari 2019.
 
Pengangkutan sampah melibatkan 75 pasukan oranye dan 30 unit gerobak motor. Dalam sehari, setidaknya pasukan oranye bisa mengangkut sekitar 159 meter kubik atau sekitar 55 ton.
 
"Sejak Minggu sudah bersih," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Isnawa Adji saat dihubungi, Jakarta, Selasa, 22 Januari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kolong tol Wiyoto Wiyono, Jakarta Utara sempat menjadi pembicaraan publik lantaran dipenuhi sampah. Tumpukan sampah sudah ada sejak tahun lalu dan sudah pernah dibersihkan.
 
Isnawa mengatakan, sampah-sampah tersebut berasal dari warga sekitar lokasi. Pasalnya, ketersediaan tempat sampah di lokasi sekitar sangat minim. "Memang ketersedian lokasi tempat sampah agak sulit di situ," ucap Isnawa.

Isnawa berniat menata kolong tol tersebut untuk menjadi tempat pengolahan sampah. Nantinya, di sepanjang kolong tol Wiyoto Wiyono tepatnya di Jalan Paponggo, Tanjung Priok akan diberikan keranjang sampah. "Kita akan coba gunakan kolong tol itu untuk pengolahan sampah yang lebih baik lagi," ungkap dia.
 
Sebelumnya, Isnawa sempat geram lantaran PT Citra Marga Nusaphala Persada (CMNP) selaku pengelola jalan tol itu membiarkan penumpukan sampah. Seharusnya, lanjut dia, pengelola jalan tol ikut membantu mengamankan aset hingga kolong tol.
 
"Salah satu kendala kita PT CMNP itu tidak mengamankan aset di kolongnya. Tapi, saat ini kita dengan pemerintah provinsi kota Jakarta Utara sedang melakukan upaya-upaya partisipatif," pungkas dia.
 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi