Ilustrasi. Foto: Medcom.id
Ilustrasi. Foto: Medcom.id

Kemenkes Diminta Skrining Penyakit Hepatitis Akut di Daerah

Nasional menko pmk kemenkes anak Hepatitis Akut
M Iqbal Al Machmudi • 05 Mei 2022 18:05
Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy meminta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melakukan skrining di daerah terkait hepatitis akut yang belum diketahui etiologinya itu. Sebelumnya, tiga pasien anak meninggal karena penyakit tersebut.
 
"Saya merasa (Kemenkes) harus lebih proaktif melakukan penyisiran di tiap daerah untuk memastikan hepatitis ini belum menyebar," kata Muhadjir dalam konferensi pers daring, Kamis, 5 Mei 2022.
 
Jika pun sudah menyebar, kata Muhadjir, bisa dideteksi lebih dini sehingga langsung dilakukan penanganan pertama sebelum meluas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Pakar Kesehatan: Hepatitis Akut Bukan Dari Vaksin Covid-19
 
Penyakit ini sudah menjadi persoalan global karena telah terjadi di beberapa negara, terutama negara-negara maju. Muhadjir mengatakan negara maju memiliki instrumen yang canggih dalam mendeteksi kehadiran penyakit asing.
 
"Kalau kita sigap merespon ini artinya kita sudah cukup maju melakukan tata kelola dan respons penyakit di masyarakat," ucapnya.
 
Selain itu, saat ini berseliweran hoaks terkait hepatitis akut anak sehingga harus segera diatasi dan menyebabkan masyarakat panik. Dirinya menyerahkan kepercayaan kepada Kemenkes untuk sigap mengatasi hal ini.
 
"Tadi malam sudah kontak-kontakan dengan Pak Menkes (Budi G Sadikin) saya sangat percaya bahwa Kemenkes sangat sigap mengambil langkah-langkah preventif dan kuratif terhadap gejala Hepatitis ini," kata dia.
 
(DEV)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif