Ketua Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta, Nova Harivan Paloh. Medcom.id/Nur Azizah
Ketua Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta, Nova Harivan Paloh. Medcom.id/Nur Azizah

Kasus Covid-19 Meningkat, Satgas RT/RW di Jakarta Diminta Lebih Aktif

Anggi Tondi Martaon • 20 Januari 2022 18:11
Jakarta: Jumlah masyarakat yang positif terpapar covid-19 di Jakarta meningkat. Fraksi Partai NasDem meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menginstruksikan Satgas Covid-19 tingkat rukun tetangga (RT)/rukun warga (RW) lebih aktif mengawasi protokol kesehatan (prokes).
 
"Jangan sampai kita kecolongan lagi,” kata Wakil Ketua Fraksi NasDem DPRD Jakarta, Nova Harivan Paloh, melalui keterangan tertulis, Kamis, 20 Januari 2022.
 
Dia menilai perlu ada peningkatan testing dan tracing. Apalagi, peningkatan kasus penyebaran covid-19 dipengaruhi varian Omicron.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mantan staf khusus Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan ini mewanti-wanti pemerintah daerah (pemda) agar mempersiapkan diri menghadapi peningkatan kasus covid-19. Salah satunya, menyiapkan tempat-tempat yang menjadi rujukan untuk pasien yang akan menjalani isolasi mandiri.
 
"Pemda juga harus menyiapkan fasilitas kesehatan agar ketika terjadi lonjakan tidak membebani para tenaga kesehatan yang ada," sebut dia.
 
Baca: Kasus Omicron Capai 1.400, Terbanyak Ada di Jakarta
 
Dia juga mengusulkan karantina wilayah jika ditemukan kasus varian Omicron di suatu wilayah. Sehingga, tidak terjadi penularan yang masif.
 
“Lebih bagus kita membatasi ruang lingkup yang ada di wilayah di-tracing semua,” ujar dia.
 
Terakhir, dia meminta vaksinasi dosis ketiga (booster) dipercepat. Warga yang sudah memenuhi syarat diimbau segera melakukan vaksinasi kembali.
 
“Sosialisasi untuk vaksin ini harus lebih pro aktif lagi. Kalau sebelumnya masyarakat memperoleh informasi dari kelurahan, tapi sekarang ada aplikasi PeduliLindungi,” kata dia.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif