Ilustrasi kondisi Sungai Citarum. Medcom.id/ Octavianus Dwi Sutrisno,
Ilustrasi kondisi Sungai Citarum. Medcom.id/ Octavianus Dwi Sutrisno,

BNPB Ajak Masyarakat Jaga Ekosistem Sungai Citarum

Nasional sungai
Candra Yuri Nuralam • 03 November 2019 00:24
Jakarta: Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengajak masyarakat Bandung untuk melestarikan kebersihan sungai Citarum.
 
"Sungai adalah cermin peradaban, apakah kita masih bisa disebut sebagai masyarakat yang beradab kalau sungai Citarum kita kotor ?," Kata Doni saat kunjungan kerja di Bandung, Jawa Barat, Sabtu 2 November 2019.
 
Doni mengatakan pemerintah sudah berusaha untuk menjaga kebersihan sungai Citarum dengan berbagai program. Dia meminta masyarakat melanjutkan pekerjaan pemerintah dengan turut mengawal kebersihan sungai.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Berbagai program pemerintah termasuk Citarum harum juga harus selalu dikawal, jangan biarkan sungai kita kembali tercemar agar dimasa depan anak cucu kita dapat bermain, berenang, berekreasi dan bersenda gurau di sungai-sungai kita yang bersih," ujar Doni.
 
Salah satu elemen masyarakat yang turut menjaga kelestarian sungai Citarum adalah organisasi massa (ormas) Pemuda Pancasila. Menurut Doni, hal positif seperti itu harus dicontoh oleh masyarakat.
 
Doni juga menyempatkan memberikan apresiasi kepada ormas Pemuda Pancasila di Bandung. Organisasi itu, lanjut Doni, merupakan salah satu komponen masyarakat yang ikut serta dalam upaya penanggulangan bencana dan menolong korban terdampak.
 
Kehadiran organisasi seperti itu, sambung Doni, sangat membantu pemerintah untuk menanggulangi bencana. Organisasi tersebut juga dapat menjadi komponen penting dalam upaya menjadikan negara menjadi tangguh menghadapi bencana.
 

(SCI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif