Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Teguh Hendarwan. Foto: Medcom.id/Intan Fauzi.
Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Teguh Hendarwan. Foto: Medcom.id/Intan Fauzi.

Sumur Resapan Dijamin Selesai Dalam Sebulan

Nasional banjir jakarta antisipasi banjir
Cindy • 29 Desember 2018 10:04
Jakarta: Proyek pembangunan sumur resapan (vertikal drainase) dijamin selesai dalam satu bulan. Syaratnya, ada tenaga kerja yang cukup, lokasi yang aman serta peralatan memadai.
 
"Bisalah, tidak susah buat sumur serapan, asal semua faktornya mendukung," kata Kepala Dinas Tata Air DKI Jakarta, Teguh Hendrawan kepada Medcom.id, di Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat, 28 Desember 2018.
 
Taguh tak masalah dengan target penyelesaian yang dipatok Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Menurutnya, tiga bulan adalah waktu yang cukup untuk menuntaskan proyek penangkal banjir tersebut.
 
"Kita juga dimintai usul di mana lokasi yang rencananya dibuat itu (drainase vertikal). Utamanya lokasi yang tergenang banjir," kata Teguh.

Baca: DKI Bangun Dua Jenis Drainase Vertikal

Seperti diketahui, Anies mengeluarkan instruksi pembangunan drainase vertikal di seluruh perkantoran Pemerintah DKI Jakarta, dengan target paling lambat selesai 31 Maret 2019.
 
"Zero run off, artinya tidak boleh kantor pemerintah DKI di mana pun juga, termasuk sekolah dan kantor kecamatan, kelurahan, aliran air hujan dikirim ke luar halaman, (tetapi) harus nol. Seluruh aliran air hujan harus ke tanah, ditampung di dalam wilayahnya, lahan kita sendiri," kata Anies.
 
Nantinya akan dibangun 1,8 juta drainase vertikal di Jakarta. Saat ini Pemprov DKI baru membangun drainase tersebut di 6.500 titik.
 

 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?




(FZN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi