Peserta Jak Lingko Disebut Lebih Banyak dari OK-Otrip

Fachri Audhia Hafiez 10 Oktober 2018 12:44 WIB
sistem ok otrip
Peserta Jak Lingko Disebut Lebih Banyak dari OK-Otrip
Penumpang melakukan tab menggunakan kartu OK Trip (One Karcis One Trip) di Terminal Kampung Melayu, Jakarta Timur. Foto: MI/Ramdani
Jakarta: PT TransJakarta memastikan belasan operator bakal bergabung ke Jak Lingko. Beberapa operator masih dalam tahap administrasi untuk ikut sistem integrasi angkutan umum ini.

"Untuk operator angkutan umum bus kecil di DKI Jakarta ada 11 operator," kata Kepala Humas PT TransJakarta Wibowo saat dihubungi Medcom.id, Rabu, 10 Oktober 2018.

Wibowo tak memerinci jumlah unit bus kecil yang telah bergabung. Namun, dibandingkan dengan sistem One Karcis One Trip (OK-OTrip), ada peningkatan jumlah operator.


"Untuk OK-OTrip kemarin empat operator, yakni Koperasi Wahana Kalpika (KWK), Budi Luhur, Puskop AU Halim Perdana Kusuma, dan PT Lestarisurya Gema Persada," beber dia.

Selanjutnya, PT Kencana Sakti Transport dan Purimas Jaya. Sisanya, lima operator masih dalam tahap administrasi, yakni Komilet, Komika, Kolamas, Kopamilet, dan Kojang.

Baca: Anies: Istilah OK OTrip tak Bermakna

Wibowo memastikan sistem Jak Lingko sama dengan OK-OTrip. Namun, akan ada penyesuaian. Ke depan sistem ini mencakup moda Light Rail Transit (LRT) Jabodebek dan Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta.

Dia menambahkan PT TransJakarta akan menambah petugas pada titik pendataan kilometer. Pasalnya, sistem Jak Lingko menerapkan pengemudi angkot menempuh perjalanan sepanjang 195 kilometer dalam satu sif.

"Seiring penambahan rute, unit, dan tentu diikuti dengan sumber daya manusia," ujar Wibowo.





(OGI)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id