Ilustrasi Gedung Mahkamah Agung. MI/Barry Fathahilah.
Ilustrasi Gedung Mahkamah Agung. MI/Barry Fathahilah.

MA Tak Mempermasalahkan Pernyataan Anies

Nasional tanah abang
Theofilus Ifan Sucipto • 05 September 2019 14:04
Jakarta: Mahkamah Agung (MA) tidak menyalahkan pernyataan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait putusan MA yang kedaluwarsa. Pernyataan Anies disebut sudah tepat.
 
"Ya (pernyataan kedaluwarsa Anies) benar, wong putusan itu sudah dilaksanakan" kata Kepala Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat Mahkamah Agung (MA) Abdullah kepada Medcom.id, Kamis, 5 September 2019.
 
Abdullah menyebut para pedagang di Jalan Jatibaru, Jakarta Pusat, sudah dipindahkan ke jembatan layang (skybridge) multiguna Tanah Abang. Abdullah menegaskan selain lalu lintas, jalan hanya boleh digunakan untuk keperluan kenegaraan, olahraga, kebudayaan, dan keagaman.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hal itu tercantum dalam Pasal 127 Ayat 1 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Pedagang kaki lima (PKL) tak boleh berdagang di jalanan. Abdullah menjelaskan kini sudah tak ada pedagang yang berdagang di Jalan Jati Baru.
 
"Otomatis tidak ada relevansi lagi untuk dipermasalahkan karena tidak ada lagi penutupan. Tapi jangan sampai mengulang kembali melakukan hal itu," jelas Abdullah.
 
Ia enggan mengomentari rencana Anies membagi fungsi trotoar untuk pejalan kaki dan PKL. Itu merupakan kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.
 
"Kalau MA tidak boleh mencampuri urusan pemerintah," ucap dia.
 
Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberi sinyal tak akan menjalankan putusan Mahkamah Agung tentang penertiban pedagang di trotoar Jalan Jatibaru, Tanah Abang. Mantan Menteri Pendidikan itu menyebut aturan itu usang.
 
"Keputusan MA itu kedaluwarsa," kata Anies di Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu, 4 September 2019.
 
Anies sempat menggunakan otoritasnya mengizinkan pedagang berjualan di Jalan Jatibaru. Ia mengklaim izin itu berlaku hingga jembatan layang multiguna (skybridge) selesai dibangun.
 
"Lalu keluar keputusan melarang berjualan di jalan di saat sudah tidak ada yang berjualan di jalan. Itu maksud saya dengan kedaluwarsa," ujarnya.
 

(DRI)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif