Anies Tak Mau Intervensi Pemilihan Wagub
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: Medcom.id/M Sholahadhin Azhar.
Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tak mau mengintervensi pemilihan wakil gubernur DKI Jakarta. Ia menyerahkan pemilihan itu kepada PKS dan Gerindra.

"Biarlah itu berproses di partai saja," kata Anies di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat, Rabu, 7 November 2018.

Sebelumnya, Kementerian Dalam Negeri meminta Anies untuk memediasi dua partai tersebut. Hal ini untuk mempercepat mendapatkan pengganti Sandiaga Uno.


Saat ditanya terkait langkah tersebut, Anies enggan menjawab. Kalaupun dia memediasi Gerindra dan PKS, tak akan dibeberkan ke media.

"Kalau saya lakukan saya juga enggak cerita. Masak saya harus cerita semuanya. Lebih baik saya lakukan tanpa harus woro-woro sana sini," ungkapnya.

Baca: Kursi Wagub DKI Milik PKS

Kemarin, Anies membeberkan kriteria ideal bila ingin mendampinginya di Pemprov DKI. Pertama, para bakal calon wakil gubernur DKI tidak pernah ikut kampanye bersamanya. Dengan begitu, wagub terpilih harus mengikuti visi misi Anies.

"Yang penting, yang akan menjadi wakil ini tidak pernah ikut kampanye bersama saya, sehingga dia harus memiliki komitmen untuk menjalankan semua yang menjadi visi gubernur. Jangan bawa visi sendiri," kata Anies di kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat, Selasa 6 November 2018.

Mantan Mendikbud ini menekankan, pengganti Sandiaga Uno harus mau kerja keras dan disiplin. Pertemuan antara DPD Gerindra DKI dan DPW PKS DKI mencapai kesepakatan bahwa kursi Wagub akan diisi kader PKS.

Hingga kini, baru dua nama yang mencuat, yakni Ahmad Syaikhu dan Agung Yulianto. Anies tak mau mengandai-andai siapa yang akan mendampinginya kelak

"Kita lihat sampai ujung saja deh sekarang. Dari dulu dua nama, tapi siapa dua namanya (belum tahu). Kan masih ada proses. Tapi yang penting taat pada visi yang sudah ditetapkan dan sudah dikampanyekan kemarin," pungkas dia.



(YDH)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id