Kantor PTSP DKI Jakarta. Foto MI/Ramdani
Kantor PTSP DKI Jakarta. Foto MI/Ramdani

Warga Jakarta Rasakan Manfaat PTSP

Muhammad Syahrul Ramadhan • 21 Februari 2019 19:34
Jakarta: Penerapan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) pemerintah Provinsi DKI Jakarta mendapat apresiasi positif dari warga. Layanan administrasi menjadi lebih efisien.
 
Seperti yang dirasakan oleh Rivaldi, warga Menteng yang sedang mengurus e-KTP di Kantor Lurah Menteng Jakarta Pusat. Ia mengatakan dengan PTSP lebih cepat dan lebih mudah.
 
“Tadi sih 20 menit sudah jadi ini (e-KTP), kalau dulu sih agak lama, sekarang pelayanannya bagus dipercepat,” kata Rivaldi di Kantor Lurah Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, 21 Februari 2019.

Ia juga senang dengan layanan satu pintu ini sehingga tidak ada lagi pungutan liar. Sebelum adanya PTSP masih ada oknum yang dinilai meresahkan. 
 
Baca juga: DKI Jakarta Memudahkan Perizinan bagi Pengusaha
 
Hal senada disampaikan warga lainnya, Dani, ia mengaku dengan adanya PTSP urusan menjadi lancar. Dani yang sedang mengurus akta kelahiran anak ini mengatakan PTSP data-datanya lengkap.
 
“Enggak ada masalah, Enggak ribet-ribet amat,” ucap Dani.
 
Manfaat PTSP juga dirasakan Sukmantoro yang datang ke Kantor Lurah Kebon Sirih Jakarta Pusat untuk mengurus akta kelahiran anaknya. Dokumen penting itu rusak akibat kebakaran. 
 
“Alhamdulillah, pelayanannya enggak ada macem-macem,” kata Sukamtoro di Kelurahan Kebon Sirih, Jakarta Pusat.
 
Baca juga: Pemprov DKI Buka Layanan PTSP di Mal
 
Selain melayani pengurusan administrasi kependudukan warga, PTSP juga melayani pembuatan izin. Ada jenis 500 lebih  izin yang dicakup meliputi beberapa kategori yakni kegiatan badan usaha, kegiatan perorangan, kelaikan usaha, ketataruangan, lingkungan, uembangunan, perorangan baik lisensi maupun praktisi serta kegiatan usaha.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(BOW)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan