Anies Klaim Tak Ada Masalah dengan PT KAI
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana
Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku tak ada masalah berarti dengan PT KAI terkait jembatan multiguna (skybridge) Tanah Abang. Anies mengaku sudah bertemu dengan Ombudsman DKI Jakarta untuk memperjelas duduk perkara. 

"Sebenarnya ini bukan masalah dalam artian bukan sesuatu yang tidak klop. Bukan," kata Anies di Polda Metro Jaya, Jakarta Pusat, Jumat, 16 November 2018.

Anies menyebut urusan dengan PT KAI hanya kurang koordinasi, khususnya soal pencatatan aset. Menurut dia, pencatatan aset harus jelas.


"Harus dikoordinasikan karena pencatatannya secara administratif harus dipertanggungjawabkan. Jadi, semangatnya sama, ingin warga yang menggunakan kawasan itu bisa leluasa dan nyaman," tutur dia.

(Baca juga: Skybridge Molor Gara-Gara Toilet)

Sebelumnya, PT KAI dan Pemprov DKI Jakarta saling mengklaim tanah sepanjang 18 meter dari Stasiun Tanah Abang yang dipakai untuk skybridge. PT KAI menyebut lahan itu milik perusahaan karena sudah diatur dalam Undang-Undang Perkeretaapian.

Selain masalah aset, Pemprov DKI dan PT KAI sempat alot membahas masalah keamanan dan sarana prasarana di skybridge. Hingga saat ini, belum ditentukan tim keamanan dari PT KAI atau Pemprov DKI yang berjaga.

Sedangkan untuk pengadaan toilet, PD Pembangunan Sarana Jaya bersedia membangun toilet untuk para pedagang. Sebanyak empat toilet akan dibangun di dekat halte Jak Lingko. Rencana pembangunan toilet ini baru berjalan setelah 'disentil' PT KAI.

(Baca juga: PT KAI Bantah Rebutan Lahan dengan Pemprov DKI)
 



(REN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id