Ilustrasi gelaran Formula E. Foto: AFP/Kenzo Tribouillard
Ilustrasi gelaran Formula E. Foto: AFP/Kenzo Tribouillard

DPRD DKI Minta Formula E Digelar di Ancol

Nasional Formula E
Nur Azizah • 13 Februari 2020 16:06
Jakarta: Ketua DPRD Prasetio Edi Marsudi mengusulkan agar arena Formula E digelar di kawasan Ancol. Alasannya, tidak merusak kawasan cagar budaya.
 
"Saya minta kepada Pak Gubernur kalau mau laksanakan Formula E silakan tapi jangan di Monas, cagar budaya ataupun Gelora Bung Karno," kata Prasetio di Kantor Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta Pusat, Kamis, 13 Februari 2020.
 
Ancol disebut ideal untuk dijadikan arena balapan Formula E. Prasetio meyakini pendapatan untuk Pemprov DKI akan meningkat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita kan punya tempat sendiri di Ancol, itu punya DKI. Itu pariwisatanya kita juga dapat dan pendapatan juga baik kok," ujar dia.
 
Menurut Politikus PDI Perjuangan ini, pendapatan Ancol bisa meningkat lantaran penonton akan membayar tiket masuk. Pemprov, kata dia, masih punya cukup waktu untuk memperbaiki jalur maupun sarana dan prasarana.
 
"Kita perbaiki, masih cukup waktu. Itu tempatnya besar dan tidak tertutup. Penonton masuk, bisa dapat uang dari tiket atau dari hotel," kata dia.
 
DPRD DKI Minta Formula E Digelar di Ancol
Ancol. Antara : Galih Pradipta.
 
Monas sempat ditunjuk menjadi arena balap Formula E. Namun, penunjukan Monas ditentang lantaran kawasan cagar budaya. Pengelola Gelora Bung Karno (GBK) menawarkan diri menjadi sirkuit Formula E.
 
Pemprov DKI Jakarta, PT Jakarta Propertindo dan Federasi Otomotif Internasional (FIA) telah berkoordinasi dengan pihaknya terkait sirkuit alternatif. Pengelola GBK telah merancang rute sirkuit, termasuk trek balapan, pit stop, tribun penonton dan area festival.
 
Mereka mencari alternatif dengan menggunakan bagian luar dari ring road GBK. Sementara ring road GBK bakal dipakai untuk festival yang akan diselenggarakan saat perhelatan Formula E.
 

 

(JMS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif