Ketua Fraksi PSI DKI Idris Ahmad (kanan).
Ketua Fraksi PSI DKI Idris Ahmad (kanan).

PSI Kembalikan Sisa Dana Reses ke APBD DKI

Nasional kisruh apbd dki
Medcom • 20 Desember 2019 12:00
Jakarta: Fraksi Partai Solidaritas Indonesia DKI Jakarta mengembalikan sisa dana reses ke APBD DKI. Duit yang dikembalikan sebanyak Rp752 juta dari total fasilitas dana reses sebesar Rp2,44 miliar.
 
Ketua Fraksi PSI DKI Idris Ahmad mengatakan, pihanya hanya menggunakan Rp1,68 miliar.
 
“Selama reses di November, Fraksi PSI menemui lebih dari 11.600 warga Jakarta. Keluhan-keluhan yang disampaikan warga membuat kami semakin sadar betapa rakyat membutuhkan kerja nyata anggota DPRD khususnya di DKI. Kami catat semua yang menjadi keluhan warga untuk kami bawa ke ruang rapat tiap Komisi di DPRD DKI," kata Idris, Jumat 20 Desember 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selama rangkaian reses dari tanggal 4 sampai 19 November, banyak warga mengeluh soal pelayanan birokrasi yang lambat, pelayanan BPJS kesehatan yang belum maksimal, hingga keluhan warga yang belum mendapatkan Kartu Jakarta Lansia (KJL) meski sudah didata.
 
Tiap angota DPRD DKI mendapat dana Rp305 juta untuk reses. Mekanisme cairnya, dana diberikan di awal sebanyak 80% atau Rp 224 juta di awal, kemudian sisa dana diberikan setelah anggota dewan menyerahkan laporan kegiatan resesnya.
 
Dari total Rp2.441.085.840 yang diberikan ke Fraksi PSI, Idris mengaku hanya menggunakan Rp1,68 miliar. Dana digunakan utnuk biaya tenda, kursi, sound system, konsumsi, snack, dan alat tulis.
 
"Sejak awal PSI siap kerja dan siap diawasi. Begitu juga terkait dengan dana reses. Semua uang yang dianggarkan dari APBD kami pertanggungjawabkan. Jika ada sisa, kami kembalikan lagi ke APBD," ujar Idris.
 
Idris menambahkan, di tengah defisit APBD, maka perlu dilakukan penghematan anggaran. Sebab, banyak dana rehabilitasi sekolah dan fasilitas olahraga yang dicoret.
 
"Ttarget pendapatan tahun ini tidak tercapai. Tahun ini defisit dan berdampak ke proyeksi APBD tahun depan. Kami harap dana reses yang Fraksi PSI kembalikan bisa membantu agar uang APBD benar-benar bisa tepat sasaran, kata Idris.
 
Reses adalah masa di mana anggota DPRD melakukan kegiatan dengan mengunjungi daerah pemilihannya untuk menyerap aspirasi warga.
 
(FZN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif