Kereta Light Rail Transit (LRT) tengah berhenti di Stasiun Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta. Foto: Kautsar Widya Prabowo/Medcom.id
Kereta Light Rail Transit (LRT) tengah berhenti di Stasiun Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta. Foto: Kautsar Widya Prabowo/Medcom.id

LRT Jakarta Mulai Berbayar

Nasional lrt proyek lrt
Putri Anisa Yuliani • 01 Desember 2019 13:00
Jakarta: PT Lintas Raya Terpadu (LRT) Jakarta mulai menerapkan tarif berbayar Rp5ribu satu kali jalan. Rute LRT yang sudah beroperasi yakni dari Stasiun Velodrome ke Stasiun Pegangsaan 2.
 
"Hari ini LRT Jakarta menandai hari pertamanya untuk mulai operasi komersial tepat di 1 Desember. Kami menerapkan tarif Rp5 ribu untuk satu kali perjalanan ke semua stasiun," ungkap Direktur Utama PT LRT Jakarta Wijanarko di Stasiun Velodrome, Jakarta, Minggu, 1 Desember 2019.
 
Penumpang bisa membeli tiket single trip dan multitrip yang dijual di stasiun. Kartu uang elektronik dari lima bank yakni BCA, BRI, Bank Mandiri, Bank DKI, dan BNI juga bisa digunakan untuk membayar tiket LRT Jakarta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Wijanarko memastikan LRT Jakarta siap memberikan fasilitas yang baik kepada penumpang. Apalagi, moda transportasi massal ini sudah melalui uji publik sebelum beroperasi secara komersial.
 
"Di uji coba kemarin sudah kami uji fungsikan selama kurang lebih empat bulan. Tidak ada kendala berarti. Mudah-mudahan di uji coba operasional hari ini selalu diberikan kelancaran," ujar dia.
 
LRT Jakarta beroperasi pukul 05.00 WIB-23.00 WIB dengan jarak kedatangan antar kereta (headway) di stasiun selama 10 menit. Penumpang bisa menggunakan TransJakarta untuk melanjutkan perjalanan ke pusat kota dari Stasiun Velodrome.
 
Wijanarko menargetkan pembangunan LRT Jakarta fase dua dari Kelapa Gading menuju Jakarta International Stadium (JIS) bisa mulai dibangun tahun depan. Tujuannya untuk menghubungkan penumpang menuju stadion pengganti Lebak Bulus itu.
 
Pihak LRT Jakarta juga berencana mengekspansi rute hingga ke Manggarai dari Velodrome dan menghubungkan dengan KRL Commuterline.
 
"Pertama untuk meng-connect-kan segera dengan stadium yang baru. Supaya aksesnya bisa mudah ke sana. Tentunya akan simultan dengan arah ke Manggarai," kata dia.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif