ilustrasi/medcom.id
ilustrasi/medcom.id

PPKM Diperpanjang, PTM di Jakarta Masih Diizinkan 100%

Nasional DKI Jakarta Pembelajaran Tatap Muka PPKM PTM Terkendali PPKM Level 2 PPKM DKI
Kautsar Widya Prabowo • 25 Januari 2022 08:22
Jakarta: Pemerintah masih menempatkan DKI Jakarta pada level 2 pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Hal itu diberlakukan mulai 25 sampai 31 Januari 2022. 
 
Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Safrizal menjelaskan tidak ada perubahan aturan dalam perpanjangan PPKM. Termasuk aturan pembelajaran tatap muka (PTM). 
 
"PTM berpedoman pada Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri tentang panduan penyelenggaraan pembelajaran pada masa pandemi covid-19," ujar Safrizal dalam keterangan tertulis, Selasa, 25 Januari 2022. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Merujuk pada SKB 4 Menteri, satuan pendidikan yang berada pada PPKM level 1 atau PPKM level 2 dapat melaksanakan PTM terbatas dengan ketentuan sebagai berikut:
 
1. Capaian vaksinasi dosis 2 pendidik dan tenaga kependidikan lebih dari 80 persen, capaian vaksinasi lansia dosis 2 di atas 50 persen, dan vaksinasi peserta didik terus berlangsung bisa melaksanakan PTM dengan ketentuan:
  • Dilaksanakan setiap hari
  • Jumlah peserta didik 100 persen dari kapasitas
  • Lama belajar paling banyak 6 jam pelajar tiap hari
Baca: Omicron Melonjak, PPKM Jawa-Bali Diperpanjang Hingga 31 Januari
 
2. Capaian vaksinasi dosis 2 pendidik dan tenaga kependidikan 50 persen sampai 80 persen, capaian vaksinasi lansia dosis 2 sebanyak 40 persen hingga 50 persen, dan vaksinasi peserta didik terus berlangsung bisa melaksanakan PTM dengan ketentuan:
  • Setiap hari bergantian
  • Jumlah peserta didik 50 persen dari kapasitas
  • Lama belajar paling banyak 6 jam pelajar tiap hari

3. Capaian vaksinasi dosis 2 pendidik dan tenaga kependidikan di bawah 50 persen dan capaian vaksinasi lansia dosis 2 di bawah 40 persen bisa melaksanakan PTM dengan ketentuan:
  • Setiap hari bergantian
  • Jumlah peserta didik 50 persen dari kapasitas
  • Lama belajar paling banyak 4 jam pelajar tiap hari.
Sementara itu, ada 43 sekolah di DKI Jakarta yang terpapar covid-19 selama pelaksanaan PTM 100 persen. Sebanyak 67 peserta didik, dua pendidik, dan tiga tenaga pendidik terpapar. 
 
Total ada 72 kasus covid-19 di 43 sekolah. Saat ini, 28 dari 43 sekolah yang ditutup karena terpapar covid-19 sudah dibuka kembali.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif