Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: Medcom.id
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: Medcom.id

Anies Baswedan Diminta Tuntaskan Permasalahan Air Bersih

Antara • 30 Maret 2022 21:42
Jakarta: Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta Hardiyanto Kenneth meminta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan segera menuntaskan permasalahan air bersih. Masalah air bersih sudah terjadi sejak 1980-an dan tak pernah selesai.
 
"Kenapa masalah air bersih di Jakarta ini tak pernah selesai. Ini kota besar loh, masa bisa-bisanya masih ada warga yang mengeluh susah mendapatkan air bersih. Padahal itu hak warga untuk mendapatkan air bersih untuk keberlangsungan hidupnya," ujarnya dilansir Antara, Rabu, 30 Maret 2022.
 
Baca: Cegah Lonjakan Harga, Pemprov DKI Jual Minya Goreng Lewat BUMD

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menuturkan warga di beberapa wilayah seperti Muara Angke, Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara bertahun-tahun mengalami kesulitan akses air bersih. Belum lagi temuan Kementerian Kesehatan di salah satu daerah di Jakarta Barat yang terkontaminasi bakteri E Coli.
 
"Hal itu berdasarkan profil dan status kualitas air minum rumah tangga Indonesia 2021 yang dilakukan tim surveilans Direktorat Penyehatan Lingkungan," jelas dia
 
Kenneth menerangkan baru sekitar 65 persen warga Jakarta yang memiliki akses air bersih. Angka itu masih jauh dari target Pemprov DKI Jakarta sebesar 79,61 persen warga di akhir 2022.
 
Dia meminta Anies lebih fokus pada permasalahan air karena penting bagi kebutuhan masyarakat. Apalagi, sebentar lagi memasuki ramadan.
 
"Sangat penting sekali dalam memperbaiki kualitas air kita, agar tidak membahayakan kehidupan warga Jakarta. Perbaikan harus dilakukan bersama dan kolektif. Kita harus benahi bersama-sama mulai dari masyarakat hingga pembuat kebijakan," kata dia.
 
(DEV)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif