?Pemprov DKI minta warga tak pakai air tanah (SS Metro TV)
?Pemprov DKI minta warga tak pakai air tanah (SS Metro TV)

Pemprov DKI Minta Warga Tak Pakai Air Tanah, WALHI: Penuhi Dulu Kualitas Air Sungai

Nasional Pemprov DKI Air Bersih Metro TV Krisis Air Bersih air tanah
MetroTV • 08 Oktober 2021 17:01
Jakarta: Koordinator Kampanye Wahana Lingkungan Indonesia (WALHI) Edo Rakhman menyampaikan tanggapannya terkait wacana pelarangan penggunaan air tanah di Jakarta. Menurutnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mesti menjamin kebutuhan air bersih warganya.
 
"Sumber air jadi perhatian. Kualitas air sungai harus terjamin. Dan harus melindungi daerah tangkapan air," ujar Edo dalam Metro Siang, Metro TV, Jumat 8 Oktober 2021.
 
Pasalnya, Menurut Laporan Pemantauan Kualitas Lingkungan Air Sungai Provinsi DKI Jakarta Tahun 2020. Status mutu air sungai di DKI menurun. Selain itu, status mutu kategori cemar berat meningkat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tepisah, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta menyebut 120 titik sungai di Ibu Kota masuk dalam kategori tercemar ringan hingga berat. Sungai yang tercemar umumnya disebabkan limbah domestik, seperti bakteri koli tinja.
 
"Seperti di sini (Sungai Ciliwung) kualitas airnya sangat memprihatikan. Kami rutin tiap tahun mengambil sampel di kali dan sungai di DKI Jakarta," ucap petugas DLH DKI, Mustika, Selasa, 21 September 2021.
 
Selain kualitas air, WALHI juga mengimbau pemerintah untuk memperhatikan prinsip keadilan dalam pemenuhan air. Pasalnya, Jakarta tidak hanya dipenuhi dengan perumahan domestik, namun juga industri.
 
Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta telah berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), serta pihak lainnya dalam upaya mencegah penurunan permukaan tanah. Salah satu langkah yang diambil adalah mengurangi pemakaian air tanah. (Mentari Puspadini)
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif