DKI akan Menaati Keppres Libur saat Pilkada
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno. Foto: Medcom.id/M Sholahadhin Azhar
Jakarta: Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menaati ketentuan libur nasional saat Pilkada serentak 2018, jika Keputusan Presiden (Keppres) dikeluarkan. Pilkada serentak akan berlangsung pada Rabu, 27 Juni 2018.

"Tinggal menunggu Keppres, karena kita akan mengikuti Keppres-nya," ujar Wakil Gubernur Jakarta Sandiaga Uno di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat malam, 22 Juni 2018.

Setelah Keppres keluar, Pemprov DKI akan menindaklanjuti dengan Keputusan Gubernur (Kepgub). Artinya, aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemprov DKI akan diliburkan untuk berpartisipasi di pilkada.


Sandi tak mempermasalahkan wacana libur nasional itu. Ia menilai hal tersebut diperlukan untuk menggenjot partisipasi masyarakat dalam pilkada. 

"Jadi tentunya kita memastikan bahwa kita sesuai dengan kebijakan pemerintahan pusat," sebut Sandi.

Pemerintah menunggu Keppres untuk menetapkan hari pencoblosan Pilkada serentak 2018 sebagai libur nasional. Usulan libur nasional itu disampaikan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI saat rapat persiapan terakhir pilkada di Kementerian Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan.

"Tadi baru diwacanakan, nanti tentunya butuh keputusan pemerintah, Presiden dalam hal ini," kata Menko Polhukam Wiranto.




(AZF)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id