NEWSTICKER
Balai Kota DKI Jakarta, kantor gubernur dan wakil gubernur. Foto: Medcom.id/Candra Yuri Nuralam
Balai Kota DKI Jakarta, kantor gubernur dan wakil gubernur. Foto: Medcom.id/Candra Yuri Nuralam

PKS Sebut Calon Pengganti Sandiaga Belum Berubah

Nasional Pengganti Sandiaga Uno
Sri Yanti Nainggolan • 15 Januari 2020 14:24
Jakarta: Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mempertahankan dua kadernya, Ahmad Syaikhu dan Agung Yulianto, di bursa calon wakil gubernur (cawagub) DKI Jakarta. Belum ada perubahan nama cawagub dari PKS.
 
"Intinya kalau di DKI masih menunggu surat dari pusat. Selama tak ada surat, prinsip kita calon masih dua itu," kata Wakil Ketua DPRD DKI Fraksi PKS Abdurrahman Suhaimi di Jakarta, Rabu, 15 Januari 2020.
 
Dia membantah Syaikhu dicoret dari bursa cawagub. Belum ada pernyataan resmi dari PKS atas isu tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Buktinya apa? Informasi harus ada bukti tertulis," ujar dia.
 
Menurut dia, isu Syaikhu didepak dilontarkan untuk membentuk opini. Pasalnya, dalam surat formal dari DPRD masih dua nama dari PKS tanpa tambahan nama lain.
 
Kursi wagub DKI kosong sejak Agustus 2018. Jabatan wagub ditanggalkan Sandiaga Uno yang memilih mengikuti Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.
 
Posisi wagub menjadi jatah Partai Gerindra dan PKS yang mengusung Anies Baswedan-Sandiaga Uno di Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2017. Namun, pemilihan wagub mandek di DPRD DKI.
 
PKS mengajukan dua nama untuk menjadi pendamping Gubernur Anies Baswedan. Wakil Wali Kota Bekasi, Jawa Barat, Ahmad Syaikhu dan Sekretaris Umum Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS DKI Agung Yulianto.
 
Gerindra, yang awalnya menyerahkan kursi wagub kepada PKS, juga menyodorkan calon. Partai itu mengusung Sekretaris Daerah DKI Saefullah, anggota Dewan Penasihat Gerindra Arnes Lukman, Wakil Ketua Umum Gerindra Ferry J Juliantono, dan Wakil Sekretaris Jenderal Gerindra Ahmad Riza Patria.
 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif