Tumpukan sampah di pintu air Manggarai, Kamis, 10 Oktober 2019. Foto: Medcom.id/Sri Yanti Nainggolan
Tumpukan sampah di pintu air Manggarai, Kamis, 10 Oktober 2019. Foto: Medcom.id/Sri Yanti Nainggolan

Enam Pintu Air di Jakarta Siaga Tiga

Nasional banjir jakarta Jakarta Banjir
Antara • 22 Februari 2020 07:23
Jakarta: Enam pintu air di Jakarta berstatus siaga tiga atau waspada. Ketinggian muka air pada enam pintu air itu disebabkan oleh hujan yang menguyur ibu kota sejak Sabtu, 22 Februari 2020 dini hari.
 
Berdasarkan data laman posko banjir Sumber Daya Air DKI Jakarta, pintu air Marina Ancol bersatus siaga tiga dengan ketinggian air 196 cm. Normal pintu air itu berada di bawah 170 cm.
 
Kemudian, pompa Pasar Ikan berstatus siaga tiga dengan ketinggian air 190 cm, normalnya berada di bawah 170 cm. Dua pintu air itu merupakan penjaga wilayah utara Jakarta dari banjir rob atau naiknya air laut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lalu, pintu air Karet sumber air Banjir Kanal Barat berstatus siaga tiga dengan ketinggian air 509 cm. Ketinggian normal pompa pasar ikan berada di bawah 450 cm.
 
Pintu air Angke Hulu berstatus siaga tiga dengan ketinggian air 183 cm. Ketinggian normal berada di bawah 150 cm.
 
Enam Pintu Air di Jakarta Siaga Tiga
Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan Kampung Melayu ikut membantu membersihkan lumpur sisa banjir. Foto: Medcom.id/Zaenal Arifin
 
Selanjutnya, pompa Kali Duri (Kalijodo) dengan status siaga tiga, ketinggian air 228 cm. Ketinggian normal berada di bawah 220 cm.
 
Pompa Hek dengan sumber air Kali Baru Timur berstatus siaga tiga, ketinggian air 211 cm. Ketinggian normal berada di bawah 200 cm.
 
Sementara, pintu air Jembatan Merah yang dilalui aliran Sungai Ciliwung berstatus siaga 1 dengan ketinggian air 204 cm. Demikian juga, pompa Yos Sudarso 1 berstatus siaga dua dengan ketinggian air 216 cm.
 
Ketinggian normal pompa pasar ikan berada di bawah 140 sentimeter. Posko banjir Sumber Daya Air DKI Jakarta memantau sebanyak 21 pintu air dan pompa se-Provinsi DKI Jakarta dan Provinsi Jawa Barat.
 

(JMS)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif