Ilustrasi Medcom.id.
Ilustrasi Medcom.id.

Antisipasi Banjir dan Rob, Jakarta Utara Siagakan Petugas BPBD 24 Jam

Putri Anisa Yuliani • 07 Januari 2022 19:05
Jakarta: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengirimkan 36 petugas yang tergabung dalam Tim Reaksi Cepat (TRC) untuk membantu percepatan proses penanganan bencana di wilayah Jakarta Utara. TRC disiagakan untuk mengantisipasi tiga hal, yaitu pra, saat, dan pascabencana.
 
Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD DKI Jakarta sekaligus koordinator wilayah, Muhammad Ridwan, memastikan timnya akan tetap berkoordinasi dengan BPBD Provinsi DKI Jakarta untuk kegiatan kebencanaan di wilayah Jakarta Utara di bawah komando Kantor Wali Kota Administrasi Jakarta Utara.
 
"Secara bergantian di setiap harinya ada 12 orang yang disiagakan selama 24 jam di sini," ujar Ridwan di Jakarta, Jumat, 7 Januari 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, Plt Asisten Pemerintahan Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Utara, Wawan Budi Rohman, menyambut baik adanya perbantuan TRC BPBD Provinsi DKI Jakarta di lingkungan wilayahnya.
 
"Ini tentunya sesuai dengan arahan dari Provinsi DKI Jakarta bahwa ada 36 orang TRC dari BPBD Provinsi DKI Jakarta yang ditempatkan di Jakarta Utara," kata Wawan.
 
Baca: Awal Tahun, Banjir Rob Kembali Rendam Muara Angke
 
Dia mengatakan bakal ada penguatan fungsi dalam mitigasi bencana. Dia berharap mitigasi bisa meminimalisir kerugian yang dakibatkan dari bencana tersebut.
 
Dia berharap TRC mengetahui tiga hal yang mengakibatkan genangan air di wilayah Jakarta Utara. Di antaranya curah hujan tinggi, banjir kiriman, dan ketinggian air pasang atau rob.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif