Tol Cijago Seksi II Hampir Rampung
Sebuah rumah yang terdampak pembangunan tol masih berdiri di lokasi proyek Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) Seksi II di kawasan Juanda, Bakti Jaya, Depok. Foto: Antara/Indrianto Eko.
Jakarta: Pembangunan tol Cinere - Jagorawi (Cijago) seksi II hampir rampung. Dari total luas kebutuhan lahan seluas 44 hektare, sebanyak 98 persen sudah diselesaikan. Pembangunan hanya terkendala pembebasan lahan seluas 1,2 hektare (2%).
 
Pejabat PPK Tol Cinere-Jagorawi dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Agung Sapto mengatakan, lahan yang belum dikerjakan karena ada penolakan dari beberapa warga.
 
Dia mengungkapkan, uang ganti rugi lahan sudah dititip atau konsinyasi ke Pengadilan Negeri Depok dan sudah ditetapkan secara sah.
 
Agung mengatakan, pada April 2017 pihaknya mengajukan penawaran kepada warga. Warga diberi waktu 14 untuk mengajukan keberatan. Namun, tidak ada keberatan yang diajukan warga. Pihaknya kemudian melakukan konsinyasi pada September 2017.
 
“Selama periode itu tidak ada penolakan atau sanggahan ke Pengadilan Negeri Depok dari warga sehingga penyelesaiannya dengan sistem konsinyasi,” kata Agung.

Baca: Pembangunan Tol Cijago Seksi II Mandek

Namun, belakangan sejumlah warga menggugat setelah mereka tahu bahwa uang ganti rugi dititipkan di Pengadilan Negeri Depok.
 
Agung mengungkapkan, pengadilan melakukan sidang dan memeriksa berkas-berkas dari warga dan PPK. Warga meminta ganti rugi melalui pengadilan kisaran Rp33 juta per meter persegi. Padahal, kata Agung, ganti rugi yang ditetapkan untuk wilayah Kukusan sebesar Rp2,9  juta - Rp17 juta per meter tergantung lokasi tanah. Nilai itu berdasar penilaian dari tim independen.
 
Seperti diketahui, Tol Cijago Seksi II memiliki panjang 5,5 kilometer yang menghubungkan Jalan Raya Bogor hingga Kukusan. Seksi I yang terhubung dari Simpang Susun Cimanggis hingga Jalan Raya Bogor dan sudah beroperasi sejak 2012.






(FZN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id