<i>Skybridge</i> Tanah Abang Bakal Punya Empat Toilet
Direktur Utama PD Sarana Jaya Yoory C Pinontoan. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez
Jakarta: PD Sarana Jaya memastikan memenuhi persyaratan yang diajukan PT Kereta Api Indonesia (KAI) dalam hal membangun fasilitas umum, seperti toilet. Sebanyak empat toilet akan dibangun.

"Minimal kita sediakan empat toilet, ini (dibangun) di atas skybridge," kata Direktur Utama PD Sarana Jaya Yoory C Pinontoan di Gedung Ombudsman RI, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat, 16 November 2018.

Menurut Yoory, toilet yang akan dipakai berbasis smart toilet produksi PT INKA. Toilet itu sama persis dengan yang digunakan di halte Bus Transjakarta Monas, Jakarta Pusat.


"Jadi (smart toilet) itu tinggal taruh dan bisa moving itu bisa sangat memungkinkan di skybridge," ujar dia.

Baca: Skybridge Molor Gara-Gara Toilet

Sebelumnya, PT KAI meminta agar skybridge yang bersebelahan dengan Stasiun Tanah Abang itu memenuhi sejumlah persyaratan sebelum beroperasi. Syarat itu antara lain terdapat fasilitas sosial, fasilitas umum, dan aksesibilitas penumpang bagi semua kalangan, termasuk kaum difabel.

Selain itu, perlu disediakan toilet dan fasilitas lain. Sebab, keberadaan jembatan multiguna ini diproyeksi akan meningkatkan jumlah penumpang.

Kemudian dari jumlah 446 kios pedagang kaki lima (PKL) yang tersedia, dengan asumsi dua orang penjaga di setiap toko, maka diperkirakan ada sekitar total 892 pedagang.



(YDH)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id