Stadion BMW Dibangun Tahun Depan
Kepala Biro Perekonomian DKI Jakarta Sri Haryati. Foto: Medcom.id/Nur Azizah
Jakarta: Pemprov DKI Jakarta menunjuk PT Jakarta Propertindo (Jakpro) untuk membangun stadion BMW di Jakarta Utara. Corporate Secretary PT Jakpro Hani Sumarno mengatakan stadion yang berubah nama menjadi Stadion Maju Bersama ini akan dibangun tahun depan.

"Harus 2019 mulai (dibangun). Karena sudah ditunggu-tunggu dari tahun lalu," kata Hani saat dihubungi, Jakarta Pusat, Jumat, 12 Oktober 2018.

Stadion Maju Bersama kemungkinan akan dibangun dalam single year. Hani menyebut pembangunan stadion ini merupakan penugasan langsung dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.


Baca: Pembangunan Stadion BMW Diserahkan kepada PT Jakpro

PT Jakpro berani mengajukan penyertaan modal daerah (PMD) sebanyak Rp1,5 triliun untuk pembangunan stadion. Namun, pengajuan tersebut terbentur Perda Nomor 12 Tahun 2004 tentang PMD kepada Perseroan Terbatas Jakarta Propertindo.

Perda itu membatasi jumlah PMD yang bisa diberikan Pemprov DKI kepada Jakpro sebesar Rp10 triliun. Hingga APBD Perubahan 2017 lalu, Jakpro telah menerima Rp9,4 triliun. Artinya, Jakpro kini hanya bisa menerima PMD maksimal Rp591 miliar. "Ini kan proyek penugasan. Kemudian memang nilainya juga tinggi ya," kata dia.

Semula, Pemprov DKI Jakarta menggunakan skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) untuk membangun stadion BMW. Pembangunan stadion di Taman BMW merupakan salah satu janji kampanye Anies-Sandi pada Pilkada DKI tahun lalu.

Saat itu, mantan Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno berjanji akan membangun stadion sekelas Stadion Old Trafford di Manchester, Inggris. Sandi sempat menjanjikan pembangunan fisik stadion dimulai pada Oktober 2018 ini. Namun, meleset.





(YDH)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id