Para pencari suaka yang menunggu di Lapangan eks Kodim, Kalideres, Jakarta Barat. Foto/ Medcom.id/ Cindy.
Para pencari suaka yang menunggu di Lapangan eks Kodim, Kalideres, Jakarta Barat. Foto/ Medcom.id/ Cindy.

Pencari Suaka Tagih Janji UNHCR

Nasional pencari suaka
Cindy • 12 Juli 2019 19:48
Jakarta: Puluhan Pencari Suaka di Kalideres, Jakarta Barat menagih janji Badan Komisi Tinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Pengungsi (UNHCR) untuk mendaftarkan diri mereka. Registrasi itu diperlukan untuk mendapat bantuan konsumsi, tempat tinggal hingga proses pemindahan.
 
"Tadi mereka janjinya registrasi tapi setelah habis makan, tiba-tiba mereka bilang 'kita enggak bilang, kapan kita bilang registrasi?' gara-gara itu banyak orang duduk di sini, kenapa kalian bohong sama kita," kata Pencari suaka dari Afghanistan, Fauad Asmi, 21, di Lapangan eks Kodim, Kalideres, Jakarta Barat, Jumat, 12 Juli 2019.
 
Fauad menuturkan UNHCR telah berjanji sejak kemarin malam. Mereka yang tak terdaftar tak bisa tidur dan kurang makan. "Tadi dikasih makan cuma setengahnya (dari seluruh pengungsi) saja," ucapnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kartu data UNHCR, kata dia, digunakan untuk proses imigrasi ke negara ketiga seperti Australia dan Kanada. Mereka diharuskan untuk ada di Indonesia mengurus data tersebut sebelum akhirnya dipindahkan.
 
"Memang enggak bisa langsung ke Australia, cuma satu caranya ke sini. kita harus registrasi dulu kartu UNHCR sebagai orang imigran, baru kamu bisa diterima negara luar," tutur Fauad.
 
Pantauan Medcom.id, puluhan pencari suaka itu duduk di trotoar. Mereka menghadang mobil kijang berwarna perak milik anggota UNHCR yang ingin pulang.
 
Saat dimintai keterangan, anggota UNHCR enggan menjawab. Dia tak punya kapasitas untuk memberikan keterangan kepada awak media.
 
Sementara itu lima polisi dari Polsek Kalideres, Jakarta Barat sedang berjaga. Mereka hanya memantau pencari suaka yang duduk di trotoar.
 

(EKO)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif