Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Istimewa)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Istimewa)

Pedagang Kecil di Kramat Jati Ingin Program Ganjar Menjadi Skala Nasional

Achmad Zulfikar Fazli • 25 September 2022 22:23
Jakarta: Sejumlah pedagang kaki lima (PKL), Komunitas Warteg (Kowarteg), dan pedagang pasar di kawasan Pasar Kramat Jati, Jalan Raya Bogor, Jakarta Timur, mengapresiasi program Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam mengembangkan ekonomi kecil di Jawa Tengah. Mereka berharap program yang membantu UMKM dan rakyat kecil itu bisa menjadi program skala nasional pada 2024.
 
"Yang Pak Ganjar saat ini lakukan di Jawa Tengah seperti Kredit Lapak, terus ada Kartu Jawa Tengah Sejahtera (KJS). Pengennya untuk skala nasional program-program itu," kata Koordinator Kowarteg Indonesia, Noehrozi, di Kramat Jati, Jakarta, Minggu, 25 September 2022.
 
Pada awal peluncurannya di 2021, Kredit Lapak merupakan gebrakan program yang digagas Ganjar untuk ibu-ibu pedagang pasar dan pelaku industri rumahan. Program permodalan ini diluncurkan dengan plafon kredit sekitar Rp2 juta dan bunga dua persen per tahun. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada September 2022, Ganjar menaikkan plafon kredit menjadi Rp25 juta per tahun dengan bunga tetap dua persen. Kenaikan plafon ini dilakukan Ganjar untuk merespons dampak penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. 
 
Sementara itu, dalam program KJS, Ganjar memberikan bantuan untuk menciptakan kesejahteraan berupa uang tunai Rp750 ribu per tiga bulan. Bantuan tersebut bisa digunakan untuk modal usaha atau kehidupan sehari-hari.
 
Di samping itu, Noehrozi menilai Ganjar adalah sosok pemimpin yang sederhana dan dapat diterima masyarakat. Menurut dia, Ganjar cocok untuk menjadi pemimpin masa depan.
 
"Kami mendukung Pak Ganjar yang pastinya, kami meyakini beliau bisa membawa Indonesia lebih baik lagi. Pak Ganjar itu orangnya sederhana, terus diterima di semua kalangan," tutur dia.
 

Baca: Ganjar: Pemotong BLT itu Pengkhianat Negara


Noehrozi mengatakan pihaknya akan menyosialisasikan sosok dan program-program yang digagas Ganjar ke masyarakat umum, khususnya para pedagang. Dia berharap Ganjar bisa menjadi presiden pada 2024. 
 
"Yang pastinya Kowarteg Indonesia akan selalu dan selaras dengan programnya Pak Ganjar. Kowarteg Indonesia akan sosialisasi tentang program Pak Ganjar karena memang apa yang saat ini dilakukan Pak Ganjar, kita memang terinspirasi sama Pak Ganjar," tutur dia.
 
(AZF)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif