Ilustrasi. Foto: MI/Pius Erlangga
Ilustrasi. Foto: MI/Pius Erlangga

Kamera Tilang Elektronik Portabel Buru Pemotor Nakal

Nasional tilang elektronik
Antara • 03 Februari 2020 15:28
Jakarta: Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan memasang kamera tilang elektronik (e-TLE) portabel di tiga Jalan Layang Non Tol (JLNT) di wilayah DKI Jakarta. Pemasangan kamera tilang dilakukan bergilir.
 
"Kita akan pasang kamera pada tiga JLNT itu karena cukup tinggi pelanggaran khusus untuk sepeda motor," kata Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Polisi Yusuf di Jakarta, Senin, 3 Februari 2020.
 
Ketiga jalan layang non tol yang bakal dipasangi tilang elektronik yakni Kampung Melayu-Tanah Abang, Antasari, dan Daan Mogot. Ketiga jalur ini bukan untuk kendaraan roda dua.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Yusuf, pengendara motor nakal masih nekat melintasi tiga lokasi ini. Malah, kata dia, pengendara nekat melawan arus ketika petugas berjaga di turunan jalan layang non tol. Akibatnya berpotensi terjadi kecelakaan lalu lintas.
 
Yusuf mengatakan kamera e-TLE portable dipasang secara bergilir pada tiga jalan layang non tol tersebut karena keterbatasan peralatan. Petugas akan menindak pengendara sepeda motor yang melintasi jalan layang non tol tersebut berdasarkan bukti tangkap layar melalui kamera ETLE portable.
 
Polda Metro Jaya telah memasang 12 kamera teknologi tinggi di Jalan MH Thamrin-Jalan Jenderal Sudirman.
 
Pada akhir Februari 2020, Pemprov DKI Jakarta membantu Ditlantas Polda Metro Jaya menambah 45 kamera ETLE di seluruh wilayah ibu kota dan sekitarnya. Tilang elektronik mulai diberlakukan mulai 1 Februari 2020.
 

 

(AGA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif