Suasana Stasiun Senen, Jakarta Pusat, Jumat (21/12/2018). Medcom.id/Ilham Pratama Putra.
Suasana Stasiun Senen, Jakarta Pusat, Jumat (21/12/2018). Medcom.id/Ilham Pratama Putra.

Ruang Tunggu Stasiun Senen Dikeluhkan

Nasional perayaan natal dan tahun baru libur natal
Ilham Pratama Putra • 21 Desember 2018 19:34
Jakarta: Alif Riyadi, tampak sedang lesehan bersama anak dan istrinya di area Stasiun Senen, Jakarta Pusat. Ia memilih tak masuk ke ruang tunggu stasiun saat menunggu kedatangan kereta menuju Pekalongan, Jawa Tengah.
 
"Tadinya pengen nunggu di dalam ruang tunggu. Cuma terlalu padat dan sumpek. Jadi saya dan keluarga lebih memilih ngemper di sini," kata Alif saat berbincang dengan Medcom.id di Stasiun Senen, Jakarta Pusat, Jumat, 21 Desember 2018.
 
Ruang Tunggu Stasiun Senen Dikeluhkan
Para penumpang lesehan menunggu kereta di Stasiun Senen, Jakarta Pusat, Jumat (21/12/2018). Medcom.id/Ilham Pratama Putra.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pantauan Medcom.id, bukan hanya Alif dan keluarganya yang memilih lesehan menunggu kereta, tapi mayoritas penumpang lainnya. Mereka menumpuk di seputaran stasiun dan membuat akses penumpang berlalu-lalang tersendat.
 
Keluhan soal ruang tunggu stasiun juga diungkapkan penumpang bernama Rahmat. Ia berharap PT Kereta Api Indonesia (KAI) bisa segera memperbaiki ruang tunggu stasiun menjadi lebih nyaman. Bagi Rahmad, ruang tunggu Stasiun Senen kurang layak.
 
"Coba diperbesar lagi. Terus ditambah pendinginnya. Kadang kita menunggu di sini lebih dari dua jam," ucap Rahmad.
 
Menurut Rahmad, pengelola harusnya bisa lebih memperhatikan fasilitas yang ada di Stasiun Senen. Pasalnya, stasiun ini merupakan fasilitas umum yang banyak digunakan masyarakat. Apalagi, di musim mudik libur panjang perayaan Natal dan Tahun Baru ini.
 
"Sudah seharusnya kita calon penumpang mendapat kenyamanan. Apalagi ini stasiun. Fasilitas publik harusnya dipenuhi," kata Rahmad.
 
Ruang Tunggu Stasiun Senen Dikeluhkan
Situasi di ruang tunggu Stasiun Senen, Jakarta Pusat, Jumat (21/12/2018). Medcom.id/Ilham Pratama Putra.
 
Stasiun Senen mulai dipadati penumpang jelang libur panjang akhir tahun ini. Penumpang mulai membludak akibat daya tampung ruang tunggu tak mencukupi lagi.
Di ruang tunggu Stasiun Senen, tampak hanya ada sekitar 200 kursi yang disediakan. Padahal, Executive Vice President (EVP) PT KAI Daop 1 Jakarta Dadan Rudiansyah menyebut penumpang kereta api pada libur natal dan tahun baru bisa mencapai 20 ribu orang per hari.
 

(AGA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif