Usulan Dana Kelurahan Sejak Dua Tahun Lalu
Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Sumarsono. (Foto: MI/Rommy Pujianto)
Jakarta: Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Sumarsono membantah usulan dana kelurahan bagian dari pencitraan. Proses mengenai dana kelurahan sudah muncul sejak dua tahun lalu.

"Usulan dana kelurahan sudah melalui berbagai rapat. Baik melalui rapat dengar pendapat (RDP) di DPR, DPD bahkan pertemuan asosiasi pemerintah kota," ujarnya melalui sambungan telepon dalam Primetime News Metro TV, Senin, 22 Oktober 2018.

Sumarsono mengatakan usulan dana kelurahan berawal keluhan bahwa selama ini pemerintah hanya mengucurkan dana untuk desa tetapi tidak untuk kelurahan. Padahal yang membedakan hanya pemerintahannya.


Menurut dia, ada dua satuan pemerintahan di level bawah; kelurahan dan desa. Jika desa berdiri dengan pemerintahan sendiri atau otonom, kelurahan dipimpin oleh aparat pemerintah. Namun, dari segi masyarakat yang dipimpin, sama.

"Pembahasannya dilakukan selama dua tahun yang akhirnya memunculkan aspirasi ini kembali dari Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi). Presiden merespon positif tetapi perlakuannya tidak akan sama dengan dana desa," kata dia.

Sumarsono menyebut anggaran kelurahan akan diambil dari dana desa. Sebagaimana disampaikan Kementerian Keuangan, saat ini jumlah dana desa sebesar Rp70 triliun. Sebanyak Rp3 triliun dari jumlah tersebut akan dialokasikan ke dana umum untuk kelurahan.

Ia mengatakan alokasi dana kelurahan akan difokuskan di kelurahan yang membutuhkan bantuan. Pemerintah akan selektif memilah kelurahan yang membutuhkan bantuan. Tidak dengan membaginya secara rata kepada seluruh kelurahan.

"Prinsipnya khusus difokuskan di daerah-daerah prioritas yang kapasitas fiskalnya kurang. Seperti apakah kelurahan di DKI akan diberikan? Saya kira mungkin tidak perlu karena pemerintah daerahnya punya kapasitas fiskal lebih," ungkapnya.





(MEL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id