Warga binaan Rutan Salemba, Jakarta Pusat, mendapat pelatihan servis AC, Senin, 16 November 2020. Foto: Medcom.id/Christian
Warga binaan Rutan Salemba, Jakarta Pusat, mendapat pelatihan servis AC, Senin, 16 November 2020. Foto: Medcom.id/Christian

Penghuni Rutan Salemba Dilatih Servis AC untuk Bekal Saat Bebas

Nasional tahanan napi dki jakarta rutan
Christian • 17 November 2020 04:40
Jakarta: Puluhan warga binaan Rumah Tahanan (Rutan) Kelas 1 Salemba, Jakarta Pusat, mendapat pelatihan kompetensi tata graha (cleaning service) dan perbaikan air conditioner (AC). Pelatihan diberikan Badan Amil Zakat, Infak, dan Sedekah (Bazis) DKI Jakarta yang berkerja sama dengan Dinas Ketenagakerjaan, Transmigrasi, dan Energi (Disnakertrans) DKI Jakarta.
 
"Pelatihan seperti ini sangat bermanfaat dalam keterampilan terhadap warga binaan," ucap Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia DKI Edi Kurniadi di Rutan Kelas I Salemba, Senin, 16 November 2020.
 
Pelatihan juga dilaksanakan pada Selasa, 17 November 2020, dari Pusat Pelatihan Keterampilan Daerah (PPKD) Jakarta Pusat. Pelatihan keterampilan bagi warga binaan rutan atau lembaga pemasyarakatan diharap dapat ditingkatkan kapasitasnya dan berkelanjutan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Sel Penjara Pengedar dan Pengguna Narkoba Harus Dipisah
 
"Karena keterampilan ini sangat dibutuhkan oleh warga binaan kami. Ini jadi bekal setelah mereka selesai menjalani masa pidana, mereka bisa buka usaha," terang Edi.
 
Sekretaris Disnakertrans DKI Jakarta Hedy Wijaya mendukung penyataan Edi. Dia berharap penghuni rutan tak kembali berurusan dengan hukum setelah bebas.
 
"Semoga yang ikut pelatihan keterampilan, habis dari sini bisa berwirausaha dan membuka lapangan pekerjaan yang baru," jelas Hedy.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif