Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Pemprov DKI Siap Vaksinasi 20.473 Orang Per Hari

Nasional dki jakarta Virus Korona vaksin covid-19
Fachri Audhia Hafiez • 04 Januari 2021 19:41
Jakarta: Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah menyusun tahapan pelaksanaan vaksinasi covid-19 untuk kelompok prioritas pertama. Program itu akan menyasar lebih dari 20 ribu orang per hari.
 
"Kapasitas penyuntikan 20.473 orang per hari," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria saat dihubungi, Senin, 4 Januari 2021.
 
Penerima vaksin tahap pertama ditujukan kepada tenaga kesehatan. Jumlah tenaga kesehatan tersebut mencapai 119.145 orang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pemprov DKI menyiapkan 453 fasilitas kesehatan pelaksana vaksinasi covid-19 untuk mencapai sasaran tersebut. Sekaligus dokter, perawat, dan bidan sebagai vaksinator.
 
Riza menyampaikan sasaran penerima vaksin merujuk pada data pemerintah pusat. Data ini dihimpun dari Sistem Informasi Sumber Daya Manusia (SDM) Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan.
 
Baca: Calon Penerima Vaksin Covid-19 Wajib Ikuti Langkah Ini
 
Riza mengatakan vaksinasi tahap pertama paling cepat digelar pada pekan kedua Januari 2021. Namun, jadwal ini berpotensi mundur lantaran vaksin menunggu izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). BPOM yang berwenang mengeluarkan emergency use authorization (EUA) atau penggunaan situasi darurat untuk vaksin covid-19.
 
Pemerintah telah menyatakan vaksinasi covid-19 akan dilakukan secara bertahap di 34 provinsi selama dua periode. Pada periode pertama berlangsung dari pertengahan Januari hingga April 2021, yang menyasar 1,3 juta tenaga kesehatan dan 17,4 juta petugas publik.
 
Periode kedua berlangsung selama 11 bulan. Pada periode yang menjangkau masyarakat ini akan dilakukan pada April 2021 hingga Maret 2022.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif