ilustrasi/medcom.id
ilustrasi/medcom.id

Pelacakan Kontak Langsung Dilakukan Bila Ditemukan Klaster PTM

Nasional DKI Jakarta Pemprov DKI Pembelajaran Tatap Muka PPKM PPKM Darurat
Theofilus Ifan Sucipto • 25 September 2021 09:18
Jakarta: Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta menyiapkan langkah mitigasi bila menemukan klaster covid-19 dari pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas. Protokol kesehatan (prokes) menjadi barang wajib selama proses belajar mengajar.
 
“Akan dilakukan tracing kalau ada penemuan kasus,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes DKI Jakarta Dwi Oktavia saat dihubungi, Jumat, 24 September 2021.
 
Dwi mengatakan upaya itu penting guna memutus penularan covid-19 di lingkungan sekolah. Dinkes DKI juga telah disusun. Ini semata-mata untuk mencegah kasus baru.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Kami berkoordinasi dengan sekolah dan puskesmas,” ujar dia.
 
Selain itu, Dinkes DKI membuat standar operasional dan prosedur (SOP) bila ada siswa yang tidak masuk sekolah karena diduga covid-19. SOP disusun bersama Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta.
 
Baca: Wagub DKI Klaim PTM di Jakarta Sesuai Prokes
 
“(SOP soal) apa yang harus dilakukan, kemudian bagaimana bisa melakukan survei dengan sederhana tetapi efisien dan efektif untuk bisa menemukan kasus sedini mungkin,” papar Dwi.
 
Dwi mengatakan SOP juga memerinci apa yang harus disiapkan sekolah dan standar alat kebersihan. Proses persiapan sudah dilakukan berbulan-bulan sebelumnya.
 
“Jadi harusnya komunikasi puskesmas dan sekolah sangat bagus,” tutur dia.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif