LSM Ingatkan Lokasi CFD Steril Kampanye

Siti Yona Hukmana 28 April 2018 10:02 WIB
car free day
LSM Ingatkan Lokasi CFD Steril Kampanye
Warga berolahraga saat Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau "Car Free Day," di Bunderan HI, Jakarta, Minggu (21/1). (Foto: Antara/Reno Esnir).
Jakarta: Pusat Studi Lingkungan Hidup (PSLH) mengingatkan seluruh relawan calon presiden (capres) untuk tidak menjadikan lokasi hari bebas kendaraan bermotor atau car free day (CFD) sebagai ajang kampanye Pilpres.

"Lokasi CFD harus bebas dan steril dari kegiatan berbau politik, kampanye partai atau relawan capres serta harus bebas dari kegiatan yang menyinggung suku, agama, ras, dan antargolongan," kata Direktur Eksekutif PSLH M. Natsir dalam keterangan tertulisnya yang dikutip Antara, di Jakarta, Jumat, 27 April 2018.

Natsir menekankan, konsep awal CFD adalah ruang bagi warga kota untuk berkumpul bersama setelah sepekan penuh berkerja. Selain itu, kata dia, juga sebagai ajang berkreasi bagi warga. 


Menurutnya, larangan lokasi CFD digunakan untuk kegiatan politik terdapat dalam Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta Nomor 12 tahun 2016 tentang pelaksanaan CFD. Dalam peraturan itu, kegiatan yang diperbolehkan adalah yang berkaitan dengan olah raga, kesenian, kebudayaan, lingkungan hidup, dan kesehatan.

"Warga harus diberikan ruang yang lebih luas untuk menikmati lingkungan, mendapatkan udara bersih tanpa terganggu dengan kegiatan politik dan kampanye dari pihak-pihak tertentu," ungkapnya.

Ia pun memastikan akan menindak siapa pun yang melanggar peraturan tersebut. Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), menurutnya sebagai pihak yang paling berwenang menegakkan aturan itu.

"Satpol PP wajib bersikap tegas untuk menjaga lokasi CFD dari kegiatan berbau politik," pungkasnya.



(HUS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id