Anies Baswedan (kanan) bersama Moazzam Malik (kiri) menanam pohon di halaman depan Museum Perumusan Naskah Proklamasi. Foto: Medcom.id/Intan Yunelia.
Anies Baswedan (kanan) bersama Moazzam Malik (kiri) menanam pohon di halaman depan Museum Perumusan Naskah Proklamasi. Foto: Medcom.id/Intan Yunelia.

Anies dan Dubes Inggris Tanam Pohon Peringati 70 Tahun Hubungan Diplomatik

Nasional hubungan bilateral indonesia-inggris
Intan Yunelia • 12 Mei 2019 20:54
Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Dubes Inggris Moazzam Malik menanam pohon Spathodea dalam rangka memperingati 70 tahun hubungan diplomatik. Penanaman pohon dilakukan di halaman depan Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Menteng.
 
"Acara ini untuk merayakan hubungan diplomatik antara Indonesia dengan Inggris 70 tahun. Ini sebagai aktivitas sepanjang tahun ini untuk merayakan hubungan yang erat, berpotensi, dan penting untuk kedua negara untuk masa depan," kata Moazzam usai penanaman pohon di Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu, 12 Mei 2019.
 
Moazzam menyebutkan, 82 tahun lalu dubes Inggris saat itu juga melakukan hal serupa di lokasi yang sama. Hal tersebut merupakan salah satu tanda perayaan pengangkatan Raja Inggris George VI.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pohon ini menjadi salah satu simbol untuk persahabatan antara Indonesia dan Inggris di depan bangunan yang digunakan sebagai kediaman untuk perwakilan dari Inggris," ujar Moazzam.
 
Menurutnya, penanaman pohon di museum ini merupakan langkah yang tepat. Sebab gedung tersebut merupakan tempat bersejarah bagi Indonesia dan Inggris.
 
"Pada saat kemerdekaan selama perang dunia ke-2 gedung ini didudukkan oleh Jepang dan baru sesudah perang dunia ke-2 naskah proklamasi didiskusikan di gedung ini, dan selanjutnya ada saat negosiasi antara Indonesia, Belanda, dan Inggris," pungkasnya.
 

(HUS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif