Drainase Vertikal Diprioritaskan di Jakarta Timur dan Selatan

Fachri Audhia Hafiez 27 November 2018 11:36 WIB
banjir jakarta
Drainase Vertikal Diprioritaskan di Jakarta Timur dan Selatan
Ilustrasi banjir - Medcom.id/Nur Azizah.
Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bakal membangun drainase vertikal untuk mencegah banjir. Program itu akan diprioritaskan di dua wilayah yang kerap terdampak banjir.

"Sementara ya kalau kita lihat di (Jakarta) Timur dan Selatan," kata Plt Kepala Dinas Perindustrian dan Energi DKI Jakarta, Ricki Marjohan saat dihubungi Medcom.id, Selasa, 27 November 2018.

Ricki enggan membeberkan lokasi persis drainase vertikal bakal dibangun. Sebab, pihaknya masih menunggu pemetaan genangan air dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta.


Drainase vertikal, lanjut Ricki, efektif bila pemetaan titik lokasi genangan air tepat sasaran. Dia mencontohkan, kegagalan sumur resapan yang sempat dijadikan solusi mencegah banjir karena pemetaan yang tak tepat.

Baca juga: Anies Masifkan Drainase Vertikal untuk Cegah Banjir

"Karena ini (drainase vertikal) akan efektif kalau dia betul-betul di spot-spot yang tepat. Kan sebelumnya kita juga pernah ada sumur resapan tapi mungkin penempatannya enggak tepat itu," ujar dia.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta telah melakukan uji coba drainase vertikal pada Kamis, 22 November 2018 lalu. Namun, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan masih merahasiakan hasil uji coba tersebut. 

Rencananya sebanyak 1.383 drainase vertikal akan dibangun pada 2019. Anies memilih membangun drainase vertikal untuk mencegah banjir karena menilai cara itu lebih ampuh.



(REN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id