Syarat Gaji Rp7 Juta Pembeli Hunian DP Rp0 Belum Final

Sunnaholomi Halakrispen 15 Maret 2018 14:38 WIB
hunian dp 0%
Syarat Gaji Rp7 Juta Pembeli Hunian DP Rp0 Belum Final
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno - Medcom.id/Haifa Salsabila
Jakarta: Salah satu syarat untuk mendapatkan hunian DP Rp0 ialah memiliki penghasilan Rp7 juta per bulan. Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menyebut, syarat itu belum final. 

"Filosofinya combain household income. Jadi itu kombinasi suami dan istri Rp7 juta. Itu filosofinya waktu saya sama Pak Anies awalnya bicara seperti itu," beber Sandi di Balaikota DKI Jakarta, pada Rabu, 14 Maret 2018.

Namun, kata dia, saat ini masih dilakukan pembahasan. Syarat itu bisa berubah. Sandi menyebut, teknisnya akan dipresentasikan oleh kepala dinas terkait.


Dia bilang syarat itu masih terus digodok lantaran sejak awal keinginan untuk membangun hunian DP Rp0 ditujukan untuk masyarakat menengah ke bawah.

"Masyarakat yang menengah ke bawah itu yang memiliki paling tidak sampai dengan upah minimum. Upah minimum itu kan Rp3,6 juta. Rp3,6 dua-duanya upah minimum, kali dua ya Rp7,2 ya sekitar segitu lah," ungkap Sandi.

(Baca juga: Kriteria Umum Pembeli Rumah DP 0%)

Apabila ada salah satu dari pasangan suami istri tidak bekerja dan tetap memiliki penghasilan per bulan sebesar Rp7 juta, maka mereka masuk ke dalam kriteria. 

Kondisi seperti itu diperbolehkan mengambil rumah DP Rp0. "Pokoknya di bawah antara upah minimum sekitar Rp7 juta bisa untuk rumah DP Rp0. Di bawah itu, itu cocoknya ke rusunawa. Di atas itu ya biar private market. Itu konsep-konsep dari pada pengadaan rumah," ujar Sandi.

Program hunian DP Rp0 yang diberi nama Klapa Village tersebut berlokasi di kawasan Pondok Kelapa, Jakarta Timur, dan dibangun di atas lahan 1,3 hektare. Rumah susun milik (rusunami) dibuat menjadi dua tower dengan total 703 unit. 

Rusunami dengan tipe 21 dibanderol mulai dari Rp185 juta dan untuk mendapat rusunami tipe 36 dibanderol Rp320 juta. 

(Baca juga: Maaf DP Hunian Rp0 Hanya Pinjaman)
 



(REN)