ilustrasi medcom.id/ Muhammad Rizal.
ilustrasi medcom.id/ Muhammad Rizal.

UMP DKI Diusulkan Rp4,6 Juta

Nasional ump dki jakarta
Sri Yanti Nainggolan • 23 Oktober 2019 17:45
Jakarta: Serikat pekerja mengusulkan Upah Minimum Provinsi (UMP) 2020 di DKI Jakarta menjadi Rp4,6 juta. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan mempertimbangkan usulan tersebut sebelum ketok palu pada 1 November 2019.
 
"Nanti akan sama-sama kita kaji kembali untuk ditetapkan 1 November 2019," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Andri Yansyah di Jakarta, Rabu, 23 Oktober 2019.
 
Andri menegaskan, Pemprov DKI akan mengacu kepada Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan dalam penaikan UMP. Disnakertrans DKI sudah menyurvei ke 15 pasar, dan besaran UMP yang layak yakni Rp3,965 juta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan pengusaha ingin UMP menjadi Rp4,267 juta. Dia pun akan mengkaji semua masukan. "Nanti kita akan umumkan dalam waktu dekat ini," ujar Anies.
 
Anies meminta masyarakat tak khawatir dengan besaran penaikan UMP ini. Pasalnya, Pemprov DKI juga memberikan subsidi untuk sejumlah kebutuhan para pekerja.
 
"Artinya biaya hidup yang lebih tinggi itu dibantu oleh pemerintah dengan memberikan Kartu Pekerja," ujar dia.
 
Para pekerja, terang dia, bisa menikmati transportasi massal, dan membeli pangan dengan harga terjangkau. Pemprov DKI juga memberikan bantuan untuk pendidikan melalui Kartu Jakarta Pintar (KJP).
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif