Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menjadi inspektur upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Monas, Jakarta. Foto: Syahrul/Medcom.id
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menjadi inspektur upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Monas, Jakarta. Foto: Syahrul/Medcom.id

Anies Menekankan Penting Memaknai Pancasila

Nasional hari lahir pancasila
Muhammad Syahrul Ramadhan • 01 Juni 2019 11:10
Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menekankan pentingnya memaknai Pancasila. Masyarakat jangan hanya melaksanakan sila-sila Pancasila, tapi juga harus menjiwainya.
 
"Kita harus mempunyai perasaan ekstra tanggung jawab," kata Anies saat menjadi inspektur upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Silang Monas, Jakarta Pusat, Sabtu, 1 Juni 2019.
 
Anies menyoroti sila kelima Pancasila, Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Sila itu membuat persatuan, keadilan dan kemanusiaan yang adil dan beradab bisa diterapkan dengan baik di masyarakat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ingat yang membuat satu bisa jalan, dua, tiga, empat adalah yang kelima, keadilan sosial. Karena itu puncak dari perjuangan kita," ujar dia.
 
Anies juga ingin Pancasila muncul dalam setiap kebijakan yang dibuat oleh Pemprov DKI Jakarta, dan perilaku keseharian masyarakat Ibu Kota. "Kita harus buktikan pancasila bisa dilaksanakan di Ibu Kota dan Pemprov DKI terdepan melaksanakan itu," kata dia.
 
Dia mengeklaim sudah menerapkan Pancasila di Jakarta. Salah satunya dengan membebaskan kepada seluruh warga negara Indonesia untuk tinggal atau mencari rezeki di Ibu Kota. "Ini prinsip dasar keadilan," ucap dia.
 
Tak hanya itu, dia juga membebaskan pajak bumi dan bangunan untuk para keluarga pejuang. Sebab, menghargai pejuang tidak cukup hanya dengan mendoakan, tapi perlu ada langkah nyata.
 
Dia pun berharap kebijakan tersebut juga dilakukan oleh daerah-daerah lain untuk menghormati para pejuang. "Mudah-mudahan wilayah lain akan memberikan penghargaan kepada pejuang-pejuang," ujar dia.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif