Pemprov DKI Sebut Penyebar NJOP Naik Akun Fiktif
Akun yang mengeluhkan naiknya PBB di Jagakarsa - foto: istimewa
Jakarta: Pemprov DKI Jakarta menyebut akun twitter @hotelsyariah_JKT yang mengeluhkan kenaikan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) di Jagakarsa, Jakarta Selatan merupakan akun fiktif. Tidak diketahui pasti siapa pemilik akun itu.

"Menurut info dari Kepala UPPRD (Unit Pengelola Pajak dan retribusi Daerah) Jagakarsa seperti itu," kata Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) Pemprov DKI Jakarta Faisal Syafruddin kepada Medcom.id, Sabtu, 21 Juli 2018.

Faisal mengaku tidak mengetahui pemilik akun itu. Yang jelas, kata dia, informasi soal kenaikan NJOP 100% di Jagakarsa tidak benar.


Baca: Warga Keluhkan PBB di Jagakarsa Naik 100%

Dikonfirmasi terpisah, Kepala UPPRD Pemprov DKI Johari juga mengamini. Dia mengaku telah mengonfirmasi langsung kepada pihak hotel yang namanya ada di akun itu. "Betul mas, itu akun hoaks saya sudah klarifikasi langsung," ujar Johari saat dihubungi Medcom.id.

Johari mengaku sudah menemui pengelola Hotel Syariah Jakarta. Pengelola  mengaku tak pernah mengeluhkan soal kenaikan NJOP lewat akun twitter.

"Setelah saya temui pengelolanya itu enggak ada masalah. Dia sadar dan mau membayar, dia juga paham PBB-nya, dia paham berapa kenaikannya," ujar Johari.

Namun, Johari dia membenarkan adanya kenaikan NJOP sebagaimana tertera di foto yang diunggah. Menurut Johari, hanya terjadi kenikan 39 persen. Total pembayaran PBB menjadi naik 100 persen lantaran disesuaikan dengan kenaikan harga tanah.

"Jadi memang berbeda harga tanah di jalan Duren Raya itu. Tahun 2018 silakan bisa dicek sendiri di internet harganya sampai Rp10 juta per meter," jelas Johari.

Johari menyatakan, pengelola hotel tengah mengusut masalah ini dan bakal membawa ke ranah hukum. "Yang jelas dia enggak merasa membuat dan akan melaporkannya ke pihak berwajib," pungkas Johari.

Beberapa waktu lalu, jagat maya heboh oleh akun yang mengeluhkan kenaikan pembayaran PBB hingga dua kali lipat. Keluhan datang dari akun twitter @hotelsyariah_JKT.



(AGA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id