Pengunjung berdesakan di Tanah Abang/MI/Ramdani
Pengunjung berdesakan di Tanah Abang/MI/Ramdani

Pemprov DKI Diminta Evaluasi Penanganan Covid-19 di Pusat Keramaian

Nasional DKI Jakarta Virus Korona Pemprov DKI tanah abang DPRD DKI Jakarta pandemi covid-19 protokol kesehatan
Kautsar Widya Prabowo • 04 Mei 2021 10:22
Jakarta: Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI mengevaluasi penanganan covid-19, terutama di pusat keramaian. Evaluasi ini agar kerumunan yang terjadi di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, tak terulang.
 
"Karena seharusnya ini bisa dicegah. Kerja-kerja Satgas Covid-19 di DKI Jakarta kemana kalau bisa sampai terjadi kerumunan seperti itu," ujar Prasetyo dalam keterangan tertulis, Senin, 3 Mei 2021.
 
Pras, sapaan akrab Prasetyo, menjelaskan berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 2 Tahun 2020 tentang Penanggulangan Covid-19, Pemprov DKI Jakarta berwenang mengawasi kegiatan masyarakat. Dia menyampaikan aktivitas berbelanja menjelang Hari Raya Idulfitri telah menjadi tradisi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Politikus PDI Perjuangan itu mengakui aktivitas berbelanja sangat baik untuk pemulihan ekonomi di masa pandemi covid-19. Namun, pengawasan penerapan protokol kesehatan harus ditegakkan.
 
"Kalau sudah terjadi kerumunan seperti ini, lalu tiba-tiba jumlah kasus penularan meningkat bagaimana?" ujarnya.
 
Baca: Arus Lalu Lintas Pasar Tanah Abang Dialihkan Hingga Lebaran
 
Pras mengimbau Satgas Covid-19 DKI meningkatkan pengawasan di setiap lokasi perbelanjaan lainnya menjelang Hari Raya Idulfitri. Pengawasan dapat dilakukan dengan melibatkan TNI dan Polri.
 
"Karena kita harus meminimalkan terjadinya klaster baru. Jangan sampai kita sama seperti negara lain yang mengalami tsunami (penularan covid-19)," jelasanya.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif