Alat berat dikerahkan untuk mengangkut sampah di Pintu Air Manggarai, Jakarta. Foto: MI/Saskia Anindya Putri
Alat berat dikerahkan untuk mengangkut sampah di Pintu Air Manggarai, Jakarta. Foto: MI/Saskia Anindya Putri

DKI Anggarkan Rp197 M untuk Saringan Sampah

Nasional kisruh apbd dki
Insi Nantika Jelita • 11 November 2019 16:56
Jakarta: Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Andono Warih menuturkan pihaknya menganggarkan Rp197 miliar untuk saringan sampah. Bujet itu telah mendapat persetujuan dari DPRD.
 
Menurut dia, anggaran ini dinilai penting. Setiap musim penghujan, petugas di Pintu Air Manggarai, Jakarta Pusat, bisa mengangkut sampah hingga 300 truk secara bergiliran.
 
"Padahal setiap harinya kalau rutin kita hanya perlu 2-3 truk selesai (mengangkut sampah). Rencananya, saringan sampah itu akan dipasang di area hulu Sungai Ciliwung," kata Andono usai rapat kerja dengan Komisi D di Gedung DPRD DKI, Jakarta, Senin, 11 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Saringan sampahnya itu nantinya memerlukan tiga lapis. Desain saringan dibentuk dengan bantuan Institut Teknik Bandung (ITB). Konsep saringan sampah itu sudah ada beberapa negara lain seperti di Australia. Konsep itu bisa diduplikasikan sesuai kondisi di Jakarta.
 
"Kita inginkan desainya mencegah sampah sampai ke hilir ya. Selama ini ketika hujan sekian jam saja di hulu tiba-tiba di Manggarai sudah begitu banyak sekali sampah. Ketika hujan hanya empat jam, di hulu sudah siaga 3 atau 2," kata Andono.
 
DKI, jelas dia, enggak kiriman sampah saat banjir ini terus dibiarkan. "Kita akan selesaikan ini lebih ke hulu supaya di hilir kan tidak menumpuk sampahnya (yang akhirnya menyebabkan banjir)," pungkas dia.
 

 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif