Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerima oleh-oleh dari peserta mudik gratis Pemprov DKI Jakarta. (Foto: Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerima oleh-oleh dari peserta mudik gratis Pemprov DKI Jakarta. (Foto: Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto)

Masyarakat Apresiasi Mudik Gratis Pemprov DKI

Nasional Mudik Lebaran 2019
Theofilus Ifan Sucipto • 12 Juni 2019 12:18
Jakarta: Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana menggelar kembali program mudik gratis. Antusiasme dan respons positif masyarakat menjadi alasannya.
 
"Insyaallah tahun depan kita akan teruskan (mudik gratis). Kita berharap nantinya diperluas sehingga lebih banyak lagi (masyarakat) yang bisa memanfaatkan," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu, 12 Juni 2019.
 
Hari ini Anies mengundang 40 warga ke Balai Kota DKI. Mereka perwakilan peserta mudik gratis yang diadakan Pemprov DKI.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Salah satu peserta, Bambang Heryanto, mengaku bersyukur atas program mudik gratis. Pasalnya, dia bisa menghemat biaya transportasi mudik
 
"Saya sangat bersyukur bisa mudik. Kalau enggak ada (mudik gratis) saya enggak bisa mudik karena engga ada uang," kata Bambang.
 
Baca juga:916.305 Kendaraan Telah Kembali ke Jakarta
 
Dia mengatakan keluarganya terdiri dari enam orang. Biaya yang dibutuhkan Bambang untuk pulang kampung ke Tulungagung, Jawa Timur, mencapai Rp4,5 juta.
 
"Saya dari Jakarta ke Tulungagung naik bus Harapan Jaya kurang lebih Rp750 ribu per orang. Biaya itu hanya sekali jalan," ujarnya.
 
Sementara itu peserta mudik gratis lainnya, Tukimin mengaku senang karena program mudik gratis mudah diakses. Dia mendaftar program tersebut dari internet.
 
Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu juga menerima beberapa cenderamata dari peserta mudik. Dia diberi keripik, rengginang, dan kerupuk.
 
Anies berjanji Pemprov DKI bakal membenahi kekurangan mudik gratis tahun ini. Misalnya dengan memperbanyak layanan kota tujuan dan menyiapkan buka puasa di dalam bus.
 
Pemprov DKI Jakarta menyiapkan layanan Balik Gratis untuk warga ibu kota. Balik gratis dimulai pada H+2 lebaran, Sabtu, 8 Juni 2019.
 
Baca juga:Pelancong di Jawa Tengah Melonjak 40%
 
Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Widjatmoko sebanyak 9.657 orang mengikuti program balik gratis ini. Sebanyak 222 bus disediakan mengangkut pemudik.
 
"Kami juga menyediakan pengangkut sepeda motor bagi warga yang kembali ke ibu kota," kata Sigit di Jakarta, Minggu, 9 Juni 2019.
 
Sebanyak 222 bus itu mengantarkan masyarakat dari Ciamis, Kuningan, Tegal, Pekalongan, Semarang, Kebumen, Solo, Wonogiri, Yogyakarta, dan Jombang. Bus tersebut akan menuju Terminal Terpadu Pulogebang, Jakarta Timur.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif