Ilustrasi. MI
Ilustrasi. MI

KLB Polio, Pemprov DKI Akan Gencarkan Vaksinasi

Putri Anisa Yuliani • 20 November 2022 10:10
Jakarta: Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menegaskan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menggencarkan vaksinasi polio. Hal ini menyusul ditetapkannya status Kejadian Luar Biasa (KLB) polio di Indonesia oleh pemerintah.
 
"Harus gencar (vaksinasi)," kata Heru ditemui di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu, 20 November 2022.
 
Dia menjelaskan Dinas Kesehatan DKI Jakarta telah menyiapkan sejumlah strategi untuk menggencarkan vaksinasi polio.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Nanti Dinkes sudah ada program-program, termausk di tahun depan juga program semua vaksin," ujar dia.
 

Baca: Kemenkes: Indonesia Berisiko Tinggi Polio


Pemerintah sudah menetapkan status KLB polio. Penetapan KLB tersebut didasari temuan kasus polio tipe 2 di Pidie, Aceh, anak tujuh tahun tak pernah divaksin apa pun tapi mengalami kelumpuhan.
 
Gejalanya mulai muncul pada 6 Oktober 2022. Anak itu mengeluh demam dan onset lumpuh dilaporkan tiga hari setelahnya, yakni 9 Oktober 2022.
 
"Anak itu mengecil pada bagian otot paha dan betis, dan memang tidak ada riwayat imunisasi ya, (tidak) memiliki riwayat perjalanan kontak dan perjalanan ke luar," kata Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan dr. Maxi Rein Rondonuwu dalam konferensi pers, Sabtu, 19 November 2022.
 
Pemerintah akan menggencarkan vaksinasi polio di seluruh daerah. Terutama, di kabupaten dan kota yang masih rendah cakupannya sehingga rawan terjadi kasus polio.
 
(AZF)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif